PEKANBARU - Bupati Rokan Hulu (Rohul) Sukiman menjadi perbincangan hangat netizen Provinsi Riau. Sebab, dia terlihat membawa pistol di pinggang hingga terjepret kamera. Dia mengkalim senjata itu hanya air softgun dan untuk gaya-gayaan.

"Itu air softgun," ujar Sukiman usai mengembalikan formulir pendaftaran penjaringan di Markas Dakwah DPD Partai Keadilan Sejahtera, Kabupaten Rohul, Rabu (6/11/2019).

Sukiman mengakui foto dirinya yang beredar di group WhatsApp wartawan yang sedang membawa senjata air softgun. Ketika itu dia menyalami anggota Palang Merah Indonesia.

Sukiman mengaku pistol yang dibawanya tujuannya membawa pistol itu hanya untuk style. "Untuk gaya-gaya saja," kata Sukiman, sambil tertawa.

Selain acara PMI, dalam kesempatan itu Sukiman juga bersama Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting. Ketika itu mereka mengukuhkan Satgas Satria Kresna. Satgas itu untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Bonai Darussalam.

Sukiman menyebutkan, pistol yang dibawanya itu bukanlah senjata api, melainkan air soft gun. Dia merasa pistol yang dipamerkan di pinggangnya itu bukan sebuah kesalahan

"Bukan apa-apa kok. Memangnya (membawa pistol air soft gun) untuk menyembelih orang?," kata purnawirawan TNI Angkatan Darat berpangkat Letnan Kolonel. Anaknya juga merupakan seorang Perwira TNI Angkatan Laut di Dumai, menjabat sebagai Komandan Lanal.

Dia menyebut, hingga kini sifat tentara pada dirinya masih ada. Sehingga, menurut dia bukan sesuatu yang salah membawa air soft gun saat acara kedinasan yang diikuti ratusan peserta di lapangan terbuka itu.

"Saya kan (purnawirawan) tentara. Sifat militer masih ada," ucapnya.

Politikus partai Gerindra itu juga mengaku telah mendapat izin dari Perbakin untuk memiliki dan menggunakan pistol tersebut. Dalam foto yang beredar itu terlihat Sukiman mengenakan pakaian dinas bupati warna cokelat muda.

Pistol itu berada di pinggangnya, tampak jelas dan mencolok. Juga terlihat sangat janggal ketika seorang Bupati membawa pistol, terlebih lagi Rokan Hulu dikenal sebagai wilayah aman dan jauh dan konflik selama ini.

Sukiman juga terlihat didampingi Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting. Dasmin membenarkan bahwa Sukirman membawa pistol. Namun dia membantah jika pistol itu adalah senjata api.

“Informasi dari beliau (Bupati Sukiman), itu bukan senjata api, tapi air softgun,” kata Dasmin. (gs1)