PEKANBARU – Wakil Ketua Komisi III DPRD Riau, Zulkifli Indra, meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Inspektorat melakukan audit terhadap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Riau.

Selama ini, kata Politisi Demokrat ini, audit yang dilakukan Inspektorat hanya sebatas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saja. Namun, pengawasan terhadap BUMD belum ada dilaksanakan.

GoRiau
Dalam pertemuan dengan Inspektorat, Senin (6/6/2022) lalu, mereka berjanji akan melakukan audit ke dua BUMD Riau, yakni PT PIR dan SPR Langgak yang merupakan anak perusahaan SPR.

SPR Langgak sendiri, lanjutnya, selama ini tak pernah membuat laporan kepada DPRD Riau, karena mereka hanya mengirim laporan kepada induknya, yakni SPR dan juga kepada SKK Migas.

GoRiau
"SPR ini kan tidak ada kegiatan, mereka hanya mengandalkan uang dari SPR Langgak, itulah untuk biaya operasional mereka seperti gaji direktur SPR komisaris SPR, dan lainnya. Ini yang mau kita audit," ujarnya.

Kemudian, PT PIR, menurutnya kurang optimal dalam menjalankan bisnisnya, dimana mereka terlalu menggantungkan operasional perusahaan kepada pihak ketiga.

"Mereka kan punya bisnis tambang di Peranap, untuk distribusi mereka pakai perusahaan pihak ketiga, itupun mobilnya non-BM, belum lagi pekerjaan lainnya," tambahnya.

Zulkifli meyakini, Kepala Inspektorat sekarang bisa bekerja serius karena merupakan pegawai non-Riau dan pernah menjabat Kepala BPKP di daerah timur. Artinya, bisa bekerja profesional.

"Kita butuh orang independen, kalau dia asli sini tentu ada pertimbangan sanak saudaranya, kalau dari luar kan bisa profesional. Kita mau warning BUMD agar bekerja profesional, meskipun audit BUMD ini masih rencana, tapi kita minta ini diseriusi," tutupnya.

Adapun dalam rapat itu, dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Riau Zulkifli Indra, dan Anggota Komisi III DPRD Provinsi Riau, yaitu Nurzafri, Kasir, dan Sunaryo.

GoRiau Anggota Komisi III, Kasir.
Anggota Komisi III, Kasir.
Hadir pada rapat tersebut Kepala Inspektorat Daerah Provinsi Riau Sigit Juli Hendriawan, Inspektur Pembantu I Dino Predi, Inspektur Pembantu II Azman, Inspektur III Baihaqi, beserta jajarannya.***