BAGANSIAPIAPI - Warga di sepanjang Sungai Rangau, Kecamatan Rantau Kopar, Rokan Hilir, Riau semakin cemas karena sering melihat buaya tiba-tiba muncul di permukaan sungai tersebut.

''Nampaknya tak aman lagi Sungai Kualo ini, buaya sering menampakan diri, sebelum memakan korban harusnya antisipasi dulu dengan mengambil langkah bijak,'' ucap Ifen (36) warga setempat.

Keluh-kesah warga KualoParit tersebut juga sudah disampaikan kepada Samsuri Spd, Camat Rantau Kopar untuk berkoordinasi dengan BKSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam) untuk mengamankan buaya liar tersebut.

Hingga Selasa (19/11/2019) hari ini, hanya papan plang himbauan peringatan bahaya habitat bergigi tajam itu yang baru terpasang. ''Apa dibiarkan saja hingga ada korban,'' ungkap Yusuf (56), warga Rangau ke GoRiau.

Menurut warga, masyarakat Rantau Kopar turun temurun berprofesi sebagai nelayan tradisional. ''Siang malam nelayan menjaring ikan di sungai, sejak muncul buaya, banyak nelayan yang mengurungkan niatnya mencari ikan,'' ucap Yusuf. ***