TELUKKUANTAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau menggelar sidang paripurna dengan agenda pidato pengantar laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Kuansing tahun anggaran 2023.

Sidang paripurna yang dilaksanakan pada Senin (6/5/2024) pagi ini dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Kuansing Darmizar. Sedangkan Bupati Kuansing diwakili oleh Pj Sekda dr Fahdiansyah.

Pada kesempatan ini, Pj Sekda Kuansing menyampaikan pidato pengantar Bupati Kuansing terkait penyelenggaraan pemerintah daerah tahun anggaran 2023. Ruang lingkup LKPj ini meliputi hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah yang dilaksanakan daerah, dan pelaksanaan tugas pembantuan dan penugasan.

"Ini merupakan rangkuman penyelenggaraan urusan pemerintahan yang dilaksanakan seluruh perangkat daerah, meliputi capaian pelaksanaan program kegiatan hingga permasalahan dan upaya penyelesaiannya," kata dr Fahdiansyah.

Dikatakan dr Fahdiansyah, tahun 2023 merupakan tahun kedua pelaksanaan RPJMD tahun 2021-2026. Secara makro, banyak keberhasilan yang telah dicapai Pemkab Kuansing.

Indek pembangunan manusia (IPM) tahun 2023 mencapai 73,35 meningkat dibanding capaian tahun 2022 sebesar 72,78 dan ini kategori tinggi.

"Kemudian, tingkat kemiskinan Kuansinng menurun dari tahun sebelumnya, dari 8,24 persen menjadi 8,07 persen. Ini jauh lebih baik," kata dr Fahdiansyah.

Kemudian, tingkat pengangguran terbuka mencapai 2,49 persen dan laju pertumbuhan ekonomi 2,87 persen.

"Memperhatikan kebijakan dan aktivitas ekonomi daerah tahun 2024, kita optimis akan semakin besar dana alokasi pembangunan yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat," kata dr Fahdiansyah.***