PEKANBARU - Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Riau memperingati Hari Buruh atau May Day tahun 2024 di Gedung Olahraga Gelanggang Remaja, Rabu (1/5/2024). Peringatan Hari Buruh tahun 2024 ini mengangkat tema “Mayday 2024 : Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh Yang Kompeten”.

Sejalan dengan tema tersebut, pencak peringatan hari buruh ini, Pemprov Riau mengajak seluruh komponen masyarakat mulai dari para pengusaha, pekerja, dan pelaku industrial untuk memperkuat hubungan kerjasama yang erat dengan mewujudkan sektor ketenagakerjaan yang berkompeten di segala bidang.

Membacakan pidato Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto, Kepala Disnakertrans Riau, Boby Rachmat mengatakan, peringatan Hari Buruh Internasional tahun 2024 ini tidak hanya merupakan momen untuk mengenang perjuangan masa lalu. Namun, juga untuk merayakan pencapaian dan menghargai kontribusi para pekerja dalam pembangunan negara.

"Kegiatan ini menjadi momentum penting bagi kita semua untuk menegaskan kembali peran pengusaha dan pekerja atau buruh beserta organisasinya selaku unsur pelaku hubungan industrial dalam rangka mewujudkan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, puncak perayaan Hari Buruh 2024 ini merupakan bentuk cerminan kehidupan negara demokrasi, yaitu memberi kebebasan berserikat dan berkumpul serta kebebasan untuk menyampaikan aspirasi. Pemerintah sebagai pemangku kepentingan mempunyai tanggung jawab untuk melindungi kepentingan buruh, salah satunya dengan mengeluarkan regulasi yang menjamin hak buruh.

"Meskipun demikian, baik buruh maupun pekerja memiliki peran penting dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, peringatan Hari Buruh bertujuan untuk menghargai kontribusi buruh dalam masyarakat dan pembangunan ekonomi," jelasnya.

"Serta untuk menjamin pemenuhan hak-hak mereka. Sehingga, harapan untuk peningkatan kesejahteraan buruh dan keluarganya dapat terwujud sesuai dengan harapan, setelah mereka menunaikan tugas-tugas mereka dengan baik," imbuhnya.

Lalu, atas nama Pemprov Riau Boby sampaikan terima kasih kepada para buruh, serikat organisasi pekerja, serikat organisasi pengusaha, serta BPJS Ketenagakerjaan yang ikut merayakan peringatan Hari Buruh Provinsi Riau tahun 2024 atas peran aktif dan kerja samanya.

"Akhirnya kami mengucapkan Selamat Hari Buruh Internasional 1 Mei tahun 2024. Mari kita tumbuh kembangkan kegiatan usaha, produktivitas pekerja, perbaikan kesejahteraan yang pada akhirnya mampu mengurangi tingkat pengangguran di daerah kita ini," tandasnya. ***