TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Sebanyak 1000 siswa dan siswi Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kota Tembilahan mengikuti kegiatan sikat gigi massal di Lapangan Gajah Mada, Jumat (20/3/2015).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan dan turut dan turut di hadiri Anggota Forkopimda, Ketua KKKS, Zulaikhah Wardan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Ketua GOW dan beberapa pejabat eselon di lingkungan Pemkab Inhil.

Kegiatan yang mengambil tema “ Program 21 Hari Sikat Gigi Pagi dan Malam” ini sendiri diselenggarakan untuk untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut serta untuk mengurangi angka kesakitan gigi dan mulut.

Bupati Inhil, HM Wardan dalam sambutannya mengatakan, pemberian pemahaman menyikat gigi yang benar sedari dini merupakan hal yang sangat berguna, karena anak akan melakukan kebiasaan tersebut hingga kelak ia dewasa.

Bupati juga mengatakan, melalui kegiatan ini ia mengharapkan bukan saja untuk meningkatkan semangat, kepedulian, komitmen, serta gerakan nyata kesehatan terutama kesehatan gigi dan mulut, akan tetapi menjadi medium bagi tenaga kesehatan gigi di Kabupaten Inhil untuk melayani masyarakat, serta menjadi pemicu akan melakukan terobosan baru dalam meningkatkan kesehatan gigi masyarakat.

''Karena, terjaganya kualitas kesehatan gigi masyarakat, nantinya akan berkontribusi secara positif terhadap kulitas kesehatan masyarakat secara umum dan mencegah munculnya penyakit berbahaya lainnya,'' harap HM Wardan.

Senada dengan itu, Ketua KKKS Kabupaten Inhil, Zulaikhah Wardan mengatakan kegiatan seperti ini sangat perlu di sosialisasikan sejak usia dinianmelalui lembaga-lembaga pendidikan seperti, PAUD.

''Sehingga anak-anak usia dini akan mendapatkan kesehatan mulut dan gigi yang merupakan faktor kesehatan jasmani secara keseluruhan,''tukas Zulaikhah Wardan.(ayu)