JAKARTA, GORIAU.COM - Hingga kini, sebanyak 19 dari 57 negara anggota Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF) sudah dipastikan ikut berpartisipasi dalam iven olahraga Islamic Solidarity Games (ISG) ke-3, yang bakal berlangsung pada 6-17 Juni 2013 mendatang di Pekanbaru, Provinsi Riau.

Kepastian keikutsertaan 19 negara tersebut diketahui setelah mendaftarkan para atlet dan official-nya ke panitia ISG. Total delegasi yang didaftarkan dari 19 negara tersebut mencapai 3.233 orang.

Peserta terbanyak berasal dari negara Iran, yakni 325 peserta, diiringi Irak (325), Malaysia (299), Kuwait (284), Maroco (281), Tunisia (280), Syria, (241), Oman (204), Brunei Darussalam (197), Tunisia (180),  Ukanda (172), Meldives (122), Pakistan (122), Yaman (112), Bahrain (49), Benin (48), Gambia (27), Libya (23) dan Guyana (18).

''Sampai hari ini sudah tercatat 19 negara dengan total 3.233 delegasi yang sudah mendaftarkan diri pada iven ISG, walaupun waktunya masih panjang,'' ujar Gubernur Riau HM Rusli Zainal kepada pers usai mengikuti papat koordinasi panitia nasional dan daerah di Kantor Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Jakarta, Kamis (29/11).

Gubri selaku penanggungjawab teknis pelaksanaan ISG di daerah hadir pada kesempatan tersebut. Selain itu juga ada Ketua KOI Rita Subowo, Deputi V Bidang Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kemenko Kesra Sugi Hartatmo serta perwakilan dari 22 kementerian dan lembaga yang terkait dalam Keputusan Presiden (Kepres) tentang penyelenggaraan ivent olahraga internasional tersebut.

''Rapat ini dalam rangka koordinasi pemantapan penyelengaraan ISG,'' terang Rusli.

Pada rakor itu, lanjut Rusli, pihaknya menginventarisir tugas pokok, masalah-masalah dan kebutuhan yang menjadi prioritas, seperti masalah IT (information technology), opening ceremony dan closing ceremony. ''Ini sebelum menghadapai rakor yang lebih besar dengan Menko Kesra dan menteri terkait lainnya,'' sambung Gubri yang baru saja sukses menghelat Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Tahun 2012 itu.

Pada ISG juga akan digelar Investment and Business Forum, Cultural Event, Festival Anggrek yang juga diikuti negara-negara peserta ISG. Sebagai informasi, ISG bakal mempertandingan 17 cabang olahraga (Cabor), yaitu Atletics, Archery, Aquatic, Badminton, Basketball (U-23), Football (U-23), Gymnastics, Karate, Pencak Silat, Sepak Takraw, Sport Climbing, Taekwondo, Tennis, Traditional Boad Race, Volleyball Indoor dan Beach Volley, Weightlifting serta Wushu. (rls)