DURI, GORIAU.COM - Ketua RT dan Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh, Minggu pagi (2/8/2015) melepas 228 calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Bengkalis asal Kecamatan Mandau – Pinggir, di gedung Bathin Betuah, Kantor Camat Mandau.

Prosesi acara pelepasan dimulai dengan arak-arakan pawai para CJH bersama anggota keluarga mulai dari Masjid Arrofah, Duri melalui Jalan Jenderal Hangtuah - Jalan Rambutan - Harapan Baru-Jalan Jenderal Sudirman berakhir di Kantor Camat Mandau. Setelah mendengarkan pemaparan dari ketua panitia, camat Mandau, Kepala Kemenag Bengkalis Jumari, Kabid Umroh dan Haji Kemenag Provinsi Riau Azis dan sambutan Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh dilanjutkan tepuk tepung tawar dan doa restu kepada ketua regu dan ketua rombongan CJH.

Pada kesempatan itu, Herliyan Saleh mengaku bahagia dan senang berada di tengah-tengah para calon tamu Allah. Dirinya dan seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis, mendoakan semoga perjalanan dari tanah air menuju tanah suci Mekah berlangsung lancar dan selalu dalam keadaan sehat, sehingga dapat melaksanakan ritual ibadh haji dengan khusuk, pada akhirnya dapat meraih predikat haji mabrur.

Dikatakan Herliyan, para CJH yang hadir pada hari ini patut bersyukur kepada Allah SWT, karena setelah sekian tahun masuk daftar tunggu, Insya Allah pada tahun ini akan berangkat ke tanah suci Mekkah.

Karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci. ''Masih banyak umat Islam yang siap lahir batin, fisik dan mental, namun belum dapat berkesempatan untuk menjalan rukun Islam kelima ini. Kesempatan untuk berangkat haji pada tahun ini, merupakan sebuah anugerah dan rahmad dari Allah SWT,'" ujar Herliyan.

Seperti diketahui bersama, jumlah CJH asal Kabupaten Bengkalis pada tahun ini sebanyak 456 orang. Khusus jamaah dari Kecamatan Mandau sebanyak 228 orang dan Kecamatan Pinggir sebanyak 10 orang. Sedangkan jamaah dari Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu Dan Kecamatan Rupat, Rupat Utara, sebanya 218 orang.

Herliyan menyarankan agar selama di tanah suci jamaah untuk memperhatikan kesehatan, mengingat untuk melaksanakan ibadah membutuhkan stamina dan kondisi fisik yang prima. Selain itu, para jamaah juga dituntut untuk selalu khusyuk dalam beribadah selama di tanah suci. Teguhkan hati demi kekhusyuan beribadah dan menjalani ritual ibadah haji.

Sementara itu, Kabid Umroh dan Haji Kemenag Provinsi Riau, Azis mengapresiasi Kabupaten Bengkalis yang dinilai sangat peduli berperan aktidalam menangani masalah haji. Salah satunya bentuk bantuan Pemkab Bengkalis memberangkatkan CJH ke embarkasi Batam. Tidak hanya itu, Bengkalis juga dinilai peduli memberangkatkan umroh kepada para penggiat agama, tokoh masyarakat dan para peserta MTQ terbaik. Tentu langkah ini patut diberikan apreasiasi.

Acara pelepasan JCH Kabupaten Bengkalis asal Kecamatan Mandau dan Pinggir ini, turut dihadiri Sekretaris Daerah Bengkalis, Burhanudin, Asisten II Setda Bengkalis, Heri Indra Putra dan sejumlah kepala SKPD di lingkup Pemkab Bengkalis, Camat Mandau Hasan Basri, Camat Pinggir, Nazly, Kepala KUA Mandau Charles dan Kepala KUA Pinggir. (rls)