BENGKALIS, GORIAU.COM - Selama pelaksanaan MTQ XXXI Tingkat Provinsi Riau tahun 2012 di Kota Bengkalis, Dinas Kebersihan, Pasar, Pertamanan dan Pemakaman ekstra keras menjaga kebersihan lokasi-lokasi MTQ. Untuk mendukung hal itu, sebanyak 35 orang petugas kebersihan setiap harinya diturunkan, mulai waktu pagi, siang, sore dan hingga malam.

Kepala Dinas Kebersihan, Pasar, Pertamanan dan Pemakaman H Indra Gunawan saat berbincang-bincang usai shalat Jumat di Masjid As-Saadah, Jumat (14/12/2012) mengatakan, sebanyak 35 petugas kebersihan yang diterjunkan itu, bertugas menjaga kebersihan di sejumlah lokasi kegiatan cabang-cabang penyelenggaraan MTQ. Seperti di Astaka Umum di Lapangan Tugu Bengkalis, mesjid-mesjid dan di kantor Badan Diklat. 

"Mereka kita bagi dalam beberapa shif, pagi, siang, sore dan malam untuk menjaga kebersihan. Sampah-sampah yang ada di lokasi kegiatan MTQ mereka bersihkan dan dikumpulkan di tong-tong sampah yang telah disediakan, dan kemudian dijemput dan dibuang ke TPA oleh petugas lainnya," ujar Indra Gunawan. 

Sedangkan mengenai honor para petugas kebersihan yang sengaja diturunkan selama pelaksanaan MTQ Riau kali ini, menurut Indra Gunawan selain mereka diberikan honor atau gaji tetap perbulan sebesar Rp1,5 juta, mereka juga setiap hari diberikan insentif sebesar Rp100 ribu, dan ditambah uang makan sebesar Rp50 ribu perhari. 

"Ini sebagai bentuk dukungan dan komitmen kita dalam menyukseskan MTQ Riau kali ini, yakni dalam hal kebersihan," imbuh Indra Gunawan sembari mengatakan, khusus di tempat-tempat penginapan para kafilah, petugas kebersihan memang tidak disiagakan. Kendati demikian sampah-sampah yang ada dan dikumpulkan di tong-tong sampah, lalu diangkut oleh petugas kebersihan sebagaimana hari-hari biasanya. (jfk)