BAGANSIAPIAPI - Sebanyak 500 pemancing asal Rokan Hilir dan luar Rohil akan memperebutkan piala dan ratusan hadiah lainnya dalam turnamen mancing menyambut HUT Rohil tahun 2017 di perairan Sinaboi Kecil, Kecamatan Sinaboi, Kabupaten Rokan Hilir, 30 September 2017 mendatang.

''Peserta sekitar 500 orang. Dari luar Rohil seperti Duri, Dumai dan Pekanbaru juga ada,'' kata Sekda Rohil, Drs Surya Arpan kepada GoRiau.com, Kamis (28/9/2017).

Kata Surya, lokasi di areal pemancingan daerah Sinaboi Kecil pada hari tersebut akan dipenuhi peserta dari berbagai daerah. Selain dapat mendongkrak pariwisata, ekonomi penduduk tempatan juga akan terbantu karena banyaknya peserta yang berbelanja disana.

Dalam kegiatan pertandingan ini, tambahnya, juga akan dapat memupuk hubungan silaturahmi sesama pehobby. Sekaligus menjalin keakraban antar rekan kerja dan masyarakat. Lomba mancing ini akan memperebutkan hadiah dan door prize yang disediakan oleh Bank Riau Kepri.

Ketua panitia Lomba Mancing Mania H Muhammad Zen mengatakan, pada lomba ini para peserta hanya dipungut uang pendaftaran sebesar Rp 50 ribu. Terkait segala fasilitas pemancing, panitia tidak menyediakan. " Misalkan kapal, umpan, pancing dan lain-lain, semua harus ditanggung para peserta," katanya.

Lomba mancing mania ini rencananya akan dimulai sekitar pukul 08.00 hingga 14.30 WIB. Menurut M Zen, kegiatan lomba Mancing Mania ini dapat dijadikan sebagai sarana hiburan bagi warga Rohil dan dari luar Rohil.

"Dalam aturan lomba memancing ikan tersebut, salah satunya dilakukan penilaian berdasarkan jumlah ikan terberat yang didapat seperti ikan sembilang, blukang, senangin, senohong dan jenis ikan lain yang berukuran besar yang didapat oleh para peserta dan bagi pemenang diberikan hadiah," kata Zein. ***