TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Tahun ini, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dapat berbangga, pasalnya seluruh siswa SMP dan MTs yang ada di Kabupaten Inhil, yang berjumlah 9 979 siwa berhasil lolos dalam Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu.

''Alhamdulillah, kelulusan tahun ini mencapai 100 persen yang artinya nyaris sempurna dengan tidak ada satupun anak kita yang tidak lulus,'' ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Inhil, Helmi D kepada GoRiau.com, Minggu (15/6/2014).

Dikatakannya jika dibandingkan tahun lalu, dengan jumlah pelajar 9.245 tingkat kelulusan 99,93 persen dengan 7 pelajar yang tidak lulus, meskipun pada tahun ini terjadi penambahan pelajar namun angka kelulusan juga semakin meningkat. ''Tahun lalu nilai rata-rata kelulusan adalah 7, 08 namun tahun ini meningkat menjadi 7,59,'' kata Helmi.

Meskipun Inhil menjadi salah satu kabupaten yang memperoleh kelulusan tertinggi se Riau tingak SMP dan MTS pada tahun ini, namun Ia tetap mengingatkan kepada seluruh satuan pendidikan agar terus meningkatkan prestasi termasuk para tenaga pendidik untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas diri.

''Saya juga ingatkan kepada sekolah-sekolah untuk menjemput bola, apalagi ini sudah hampir masuk tahun ajaran baru, diharapkan menampung sebanyak-banyaknya anak-anak yang ingin melanjutkan sekolah agar mereka dapat memperoleh pendidikan tanpa dibeda-bedakan,'' tandasnya. (ayu)