PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Rutinititas One Day One Juz (ODOJ) membaca Al Quran, juga kegiatan buka puasa bersama (Iftor Jama'i) serta berbagai program keagamaan lainnya dilakukan. Ini merupakan bentuk kegiatan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Pangkalan Kerinci.

"Para Odojers diharapkan mampu tilawah satu hari satu juz, kalau tidak mampu boleh mengambil setengah juz perharinya," kata Kepala Madrasah Ustadzah Nuryaningsih, S.Pd didampingi pembimbing Rohis Ustadz Agus Gufron Tamami, M.A, kemarin.

Sebelumnya ungkap Agus, Rohis yang diasuhnya juga menggelar buka puasa sunat Kamis bersama di Masjid Raya Al-Muttaqin, Pangkalan Kerinci. Bahkan, iftor jama'i ini sudah berlangsung sebulan lalu, persisnya buka bersama, puasa sunat Senin dan Kamis.

"Alhamdulillah pengikutnya cukup banyak," sebutnya.

Agenda Rohis MTsN Pangkalan Kerinci yang lain sambungnya, melaksanakan pertemuan mingguan untuk pemantapan materi Islam diadakanmentoring.

"Bagi ikhwan saya sendiri pembimbingnya sedang akhwatnya Ustadzah Herlina, S.Pd," paparnya sambil berharap, dari kegiatan Rohis ini perilaku siswa semakin terarah baik dalam pergaulan sehari-hari maupun dalam menjalankan ibadah yaumiyah.

Karena itu, sambungnya, hal ini sejalan dengan visi MTsN Pangkalan Kerinci mewujudkan pribadi yang religius, unggul, danhumanis. Jadi eksistensi Rohis yang terbilang baru ini dirasa sangat membantu mewujudkan visi tersebut.

Para siswa lanjut dia, setelah mereka memahami teori-teori dalam agama mereka juga mempraktekkannya.

"Syiar Islam dengan kembali menghidupkan sunnah rasul sekaligus syiar MTsN Pangkalan Kerinci agar dikenal warga. Terlebih PSB (Penerimaan Siswa Baru) akan dibuka tanggal 24-28 Mei 2015 mendatang," katanya.

Terkait buka puasa bersama di Masjid Raya Al Muttaqin imbuhnya, pengurus masjid pun mendukung penuh kegiatan ini dengan menyediakanbukaan puasa.

''Pengurus bangga kemakmuran masjid semakin terasa apalagi ramadhan kurang lebih 100 hari lagi datang. Nuansa ramadhan ini semoga tercipta di bulan-bulan selain Ramadhan,''terangnya.

Agus menambahkan, iftor jama'i diawali dengan tilawah bersamakemudian hiburan Islami dan mendengarkan tausiyah dari Ustadz Gohan Matondang, Lc sebagai penguatan dan bimbingan siswa untuk beramal dan berkepribadian dalam bergaul.(***)