BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Bupati Rokan Hilir, Riau, Suyatno memastikan bahwa pengesahan Rencana Anggaran Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2015 akan akan dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2014.

''Insya Allah, Januari APBD Rokan Hilir sudah bisa dilaksanakan,'' kata Bupati Rokan Hilir, Suyatno, A.MP kepada GoRiau.com, Rabu (24/12/2014).

Suyatno mengatakan, target pemerintah sejak awal pembahasan akan rampung semuanya pada tanggal 31 Desember nanti. Dan bersama-sama DPRD, pemerintah akan mengesahkan RAPBD 2015. Molornya pengesahan APBD 2015, menjadi catatan sendiri bagi setiap daerah sehingga perlu menggesa pembahasannnya agar tidak tertinggal dengan kabupaten lain.

''Ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua agar setiap daerah harus menyelesaikan APBD akhir tahun. Itu penegasan yang disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri untuk seluruh Gubernur dan Bupati se-Indonesia," kata Suyatno.

Dikatakannya, untuk menggesa pembahasan RAPBD tahun 2015, pemerintah melakukan komunikasi secara intensif dengan pimpinan DPRD. Komunikasi itu dianggap penting untuk memperketat jadwal pembahasan agar pembahasan sesuai dengan target.

Menyinggung masalah DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran), Suyatno menyebutkan angka DIPA sebesar Rp 2,178 T. Angka itu akan ditambah dengan Silpa dengan anggaran yang tidak digunakan pada tahun 2014 yang terhambatnya penyelesaian proyek karena menyangkut persoalan waktu, cuaca yang tidak bersahabat.

Menyangkut postur APBD Tahun 2015, dikatakan Bupati, porsi dibidang pendidikan sengaja dilebihkan 20 persen karena disesuaikan komitmen pemerintah dan juga tidak terlepas dari visi misi dibidang kesehatan, infrastruktur dan lainnya.

''Itu menjadi prioritas kita dan saya berharap seluruh stakeholder dapat melaksanakan tugas dengan baik. Walaupun kita libur, namun tugas tetap kita kerjakan,'' imbuhnya. (amr)