SIAK - Masyarakat Riau sedang menghadapi ancaman wabah Covid-19. Tempat wisata dan pusat keramaian lainnya dikhawatirkan akan menjadi tempat penyebaran virus tersebut. Untuk itu, Camat Siak bersama para lurahnya bergerak cepat menyediakan tempat pencuci tangan di tempat umum.

Pantauan GoRiau.com, tempat pencuci tangan portable ini terlihat di sekitar Istana Siak, lapangan Tengku Mahratu, Turap, Kelenteng, Jalan Muzafarsyah dan titik lainnya.

GoRiau Tempat pencuci tangan di sekit
Tempat pencuci tangan di sekitar lapangan Tengku Mahratu
Camat Siak, Tengku Indra Putra mengatakan saat dikonfirmasi GoRiau.com mengatakan tempat pencuci tangan itu baru saja diletakan oleh Lurah Kampung Dalam.

"Ada 10 titik tadi pencuci tangan diletakan di tempat-tempat keramaian. Ini upaya kita menekan bertambahnya jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Siak," kata Tengku Indra, Kamis (25/6/2020).

GoRiau Warga yang barada di sekitar I
Warga yang barada di sekitar Istana Siak disarankan sering mencuci tangan.
Tidak hanya Lurah Kampung Dalam, kata Camat, Lurah Kampung Rempak juga akan menyebarkan tempat pencuci tangan ini di tempat keramaian. Dengan tujuan menyadarkan masyarakat untuk selalu mencuci tangan.

"Pengadaannya dari anggaran kelurahan, Insya Allah untuk hari Jumat besok 10 titik lagi di tempat keramaian wilayah kelurahan kampung Rempak. New Normal, masyarakat bisa beraktivitas tapi wajib terapkan protokol kesehatan," katanya.

GoRiau Di taman bermain anak dekat Tu
Di taman bermain anak dekat Turap juga disediakan tempat pencuci tangan.
Camat mengatakan, untuk memutus mata rantai penularan virus Corona, setiap warga Siak ataupun orang yang datang ke Siak, diimbau untuk menjaga jarak fisik (physical distancing). Karena sifat virus Corona yang menular antarmanusia. Penularan bisa terjadi melalui percikan.

"Itulah mengapa diharapkan warga menjaga jarak fisik dengan sesamanya untuk meminimalisasi risiko terkena percikan, atau menyentuh benda yang sebelumnya terkena percikan. Penting juga pakai masker dan selalu mencuci tangan," tuturnya. ***