BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Andrie Wongso, (Wang Tjing Tjie), The Best Motivator in Indonesia yang lebih dari 20 tahun berkiprah sebagai pengusaha sukses mengungkapkan, ada nuansa keakraban yang sangat kental dikalangan masyarakat Bagansiapiapi yang menjadi modal utama untuk meningkatkan ekonomi sesuai dengan sumber daya alam yang dimiliki.

Hal itu dia sampaikan kepada GoRiau.com, Rabu (1/2/2015) usai memberikan motivasi pada acara seminar motivasi arsitek nasib untuk kesuksesan dan kebahagiaan di gedung olahraga yayasan perguruan Wahidin, Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir.

Andrie mengungkapkan, antusias perantau untuk pulang ke Bagansiapiapi begitu jelas terlihat dan mereka sangat mencintai kampung kelahirannya.

''Selama saya jadi motivator belum pernah menemukan kekompakan antar teman-teman. Mereka intensif berkomunikasi dengan mengundang artis dari luar negeri dan termasuk saya sendiri,'' kata Andrie.

Tentunya, tutur Andrie, ilmu saya titipkan kepada warga disini, hendaknya selalu dijaga dalam membangun Bagansiapiapi apalagi daerah ini penghasil ikan terbesar di Indonesia.

Menurut Andrie, di Bagansiapiapi masih banyak yang bisa dimanfaatkan dan bisa saja potensi ini. ''Saya sampaikan dengan menteri susi jika teman-teman membutuhkan hubungan yang lebih lanjut,'' ujarnya.

Warga disini harus bisa mengubah sikap mental dan membuang pikiran jauh dengan beranggapan bahwa saya lahir di kabupaten kecil.

''Aku ini orang nelayan. Pendidikan aku kurang. Pola pikir ini harus dibuang jauh-jauh. Walau fasilitas kalah jauh dengan di Jawa, namun pada prinsipnya sukses berbisnis tidak bergantung dengan pendidikan tapi yang terpenting adalah kemauan," ujarnya.

Untuk mengelola sumber daya alam di Rohil, kata Andrie, membutuhkan keberanian, optimisme, kekompakan dan kebersamaan. Makanya pemerintah harus ikut membantu untuk menciptakan kondusifitas agar ekonomi daerah meningkat.

Yang terpenting, jalan harus dibenahi. Bagansiapiapi adalah salah satu penghasil ikan terbesar dunia. Sayangnya, bukan pemain utama pengelolaan ikan terbaik didunia. Makanya kedepan, harus ada pembenahan infrastruktur terutama membuat lapangan terbang. Walaupun skala kecil, namun terhubung antar kota.

Orang akan bisa menikmati beragam jenis ikan hanya dengan duduk diatas meja. Saya melihat demokrasi sekarang ini, bukan tidak mungkin kota kecil menjadi maju apalagi daerah itu mempunyai potensi dan kualitas. Dan itu tergantung Bupati dan DPRD untuk selalu kompak melihat lima tahun mendatang.

''Misalnya investor datang untuk membuat pabrik pengalengan ikan dan itu, Waduh!! sangat bagus sekali," tutur Andrie.

Sementara itu, Anggota DPRD Riau, Siswaja Mulyadi mengatakan, menghadirkan Andrie membutuhkan waktu yang sangat singkat. Mereka berkoordinasi dengan kawan di Jakarta.

Tujuan menghadirkan Andrie Wongso, kata Siswaja, karena kita ingin memberikan warna tersendiri pada acara perayaan Bakar Tongkang. Karena selama ini, perayaan ini lebih populer dengan menghadirkan artis luar negeri.

Makanya kami dari kalangan anak muda harus bisa memberikan kepada warga Bagansiapiapi hal yang bermanfaat. Bukan hanya artis, tapi harus ditambah dengan pendidikan dan motivasi yang hasilnya akan berganda.

''Kalau artis kan hanya bersifat hiburan. Kalau ini kan kesannya adalah pendidikan. Dan kita berharap orang mendapat motivasi ini, maka paling tidak dia akan bisa merobah pola pikir mereka," katanya.

Dia mengungkapkan, Jika individu disini yang sudah mengikuti acara ini, secara tidak langsung maka tatanan sosial akan membaik secara umum.

Seminar sehari arsitek nasib dari Andrie Wongso juga dihadiri Bupati Rohil, Ketua DPRD dan Plt Sekdakab Rohil. Acara ini juga didukung Polres Rohil dan Himpunan Persaudaraan tionghoa Rohil serta tokoh masyarakat Tiong hoa, Siswaja Muljadi, Hasnan Chanderson, Bun Hok, Erwin Halim, Darwati Kesumo. (amr)