BENGKALIS, GORIAU.COM - Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie, Jumat (9/10/2015) siang, menyambut kepulangan 236 jamaah haji (JH)asal daerah ini yang berasal Kecamatan Mandau (226  orang) dan Pinggir (10orang).

Setelah menempuh perjalanan sekitar 8 jam, pesawat Saudi Arabian Airlines yang membawa para JH dari kedua kecamatan itu dari BandaraKing Abdul Aziz, Jeddah, Saudi Arabia, mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam (Provinsi Kepulauan Riau), sekitar pukul 12.40 WIB.

Saat penyambutan di terminal kedatangan luar negeri Bandara Internasional Hang Nadim Batam, kepada para JH yang berangkat ke Tanah Suci, Rabu (31/8/2015) dan tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 07 bersama JH Kabupaten Kuantan Singingi, Ahmad Syah menyampaikanucapan selamat tiba kembali di Tanah Air. Bukan saja kepada JH Mandau dan Pinggir, tetapi juga JH Kuantan Singingi.

''Assalamualakum Pak Haji. Assalamualaikum Bu Hajjah. Selamat kembali ke Tanah Air. Semoga menjadi haji mabrur. Semoga menjadi hajjah mabruroh,'' sapa Ahmad Syah dengan ramah sambil menyalami satu per satupara JH Kloter 07 yang dibalas mereka dengan salam yang sama dan ucapkan terima kasih.

Selain itu mengucapkan selamat kembali ke Tanah Air, khususnya kepada JH Mandau dan Pinggir, Asisten Pemerintahan dan KesejahteraanMasyarakat Pemerintah Provinsi Riau juga berpesan agar memanfaatkan waktu semalam menginap  di Asrama Haji Batam untuk istirahat supayakondisi tubuh kembali bugas.

''Meskipun hari ini sudah sampai kembali di Tanah Air, tapi belum sampai di Mandau dan Pinggir. Ingat, besok seluruh JH Mandau danPinggir kembali juga akan melanjutkan perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan. Karena itu manfaatkan waktu istirahat semalam di Batamini dengan sebaik-baiknya,'' pesan Ahmad Syah.

Memang meskipun hari ini JH Mandau dan Pinggir sudah tiba di Batam, namun tidak bisa langsung sampai ke kediaman masing-masing. Mereka baru akan bertolak kembali ke Mandau dan Pinggir, Sabtu (10/10/2015) pagi besok.

Sebagaimana JH Kloter 02, JH Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam Kloter 07 ini juga akan kembali daerah asal masing-masing menggunakanjalur laut. Menurut rencana, kapal Dumai Line yang disewa khusus Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang akan membawa mereka pulang ke kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, akan bertolak dari pelabuhanSekupang Batam sekitar pukul 07.30 WIB. Dan, diperkirakan baru sampai di pelabuhan Pelindo Kota Dumai antara pukul 14.30 WIB sampai 15.00WIB.

Selanjutnya dari Dumai mereka menggunakan bus menuju Al-Arafah Duri Kecamatan Mandau. Setelah itu sholat Ashar berjamaah di masjid yangterletak di Jalan Hang Tuah Duri  ini mereka baru pulang ke kediaman masing-masing. Menurut perkiraan JH dari dua kecamatan ini akan sampaidi Masjid Al-Arafah Duri sekitar antara pukul 16.00 WIB dampai 17.50 WIB.

Turut mendampingi Ahmad Syah menyambut para JH Kloter 07 di Bandara Hang Nadim Batam tersebut diantaranya, Kepala Kantor Kementerian AgamaKabupaten Bengkalis H Jumari dan Kepala Bagian Kesejahteraan Sekretariat Daerah Bengkalis H Eri Kusuma Pribadi. ail