BENGKALIS, GORIAU.COM - Ada yang unik dilakukan KPU Bengkalis dalam menyambut pasangan calon bupati dan wakil bupati Bengkalis yang mendaftar hari ini. Mereka menyulap Kantor KPU layaknya rumah yang sedang menggelar pesta perkawinan.

Ruang tengah KPU disulap penuh dengan hiasan bernuansa adat Melayu. Pasangan calon yang daftar maupun partai pengusun semuanya duduk bersila di lantai. Kemudian seluruh komisioner KPU mau pegawai sekretariat menggunakan baju melayu.

Sebelum masuk Kantor KPU, di pintu lagar grup kompang sudah menunggu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati bersama partai pendukung sertai taburan beras kunyit. Kemudian sesampai di pintu masuk, disambut dengan silat.

''Seperti pesta nikah kawin saja. KPU Bengkalis sungguh kreatif,'' ujar salah seorang pengurus partai politik pengusung pasangan Amril Mukminin dan Muhammad di sela-sela pendaftaran, Rabu siang (27/7/2015).

Kemudian sebelum prosesi acara pendataran dimulai, diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran.  Kemudian susunan acara demi acara juga penuh dengan bait-bait pantun. Demikian juga dalam sambutan yang disampaikan Ketua KPU Bengkalis, Defitri Akbar. Setiap penjelasan menggunakan bait-bait pantuan yang indah dan enak didengar.

Pantauan di KPU siang ini, baru pasangan Amril Mukminin dan Muhammad yang mendaftar ke KPU Bengkalis. Keduanya mendaftar setelah melakukan deklarasi dengan 5 partai politik di Hotel Marina Bengkalis.

Lima Parpol pengusung adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Selain Amril-Muhammad, pasangan Herliyan Saleh-Riza Pahlevi juga akan mendaftar ke KPU Bengkalis sore ini. 

Pasangan ini didukung Partai Amanat Nasional (PAN), Gerindra dan Hanura. (ail)