PEKANBARU - Keberadaan empat sungai besar menjadi bagian dari anugerah yang dimiliki Provinsi Riau. Sebab, keberadaan sungai besar yang lebih dari satu belum tentu dimiliki oleh daerah lain.

"Di Jawa Tengah contohnya, hanya Sungai Bengawan Solo. Di Sumatera Selatan, Sungai Musi. Nah, kita di Riau ada empat sekaligus," tutur Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Riau, Kasiaruddin yang mewakili Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman dalam acara Focus Discussion Group (FDG) Media Massa di Hotel Furaya Pekanbaru, Kamis (20/10/2016).

Empat sungai besar yang membentang di Riau seperti yang dimaksud Kasiaruddin, yaitu Sungai Indragiri, Sungai Rokan, Sungai Kampar, dan Sungai Siak. Yang mana selain menunjang sebagai sarana transportasi, keberadaan sungai-sungai tersebut menjadi tempat mata pencaharian masyarakat di sekitarnya.

"Empat sungai besar ini memiliki peranan penting dalam tatanan hidup masyarakat di Riau. Sudah sewajarnya kita semua bersyukur," tutur mantan Staf Ahli Gubernur Riau tersebut. ***