TEMBILAHAN -Kemunculan ular piton dengan panjang sekitar lima meter menghebohkan warga di Jalan Sungai Beringin, Parit 15 Jembatan 3, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

Proses evakuasi hewan melata oleh Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan (DPKP) Inhil pada Kamis (18/11/2021) malam itu, menjadi tontonan warga yang penasaran.

Kemunculan ular berukuran besar di permukiman tersebut awalnya terlihat dan membuat heboh warga. Ketua RT setempat menghubungi DPKP untuk mengevakuasi binatang melata itu.

Mendapat laporan, Tim DPKP langsung bergegas menuju lokasi kemunculan ular sawah tersebut. Menggunakan pakaian pengaman dan alat, etugas sukses mengevakuasi ular piton.

"Alhamdulillah proses evakuasi berjalan lancar. Begitu menerima laporan keberadaan ular piton, petugas langsung bergerak ke lokasi," kata Kepala DPKP Inhil, H Eddiwan Shasby, Sabtu (20/11/2021).

Sebelum diamankan petugas, ular piton sempat menjadi tontonan warga, karena ular berkeliaran di depan rumah warga.

"Usai dievakuasi, ular diamankan di kandang ular milik DPKP Inhil sebelum dilepas liarkan ke habitatnya yang jauh dari permukiman warga," terang Eddiwan, kepada GoRiau.com.***