TELUKKUANTAN – Festival Perahu Baganduang akan dilaksanakan di Lubukjambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau pada Sabtu, 7 Mei 2022. Atraksi budaya merupakan bagian dari kalender pariwisata Kuansing 2022.

Menurut Azhar, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kuansing, Perahu Baganduang merupakan budaya masyarakat Kuansing, tepatnya di Kecamatan Kuantan Mudik, yang sudah turun-temurun dilaksanakan.

Perahu Baganduang biasa dilaksanakan pada 1 Syawal, tepatnya sebelum pelaksanaan Salat Id. Untuk tahun ini, kegiatan Perahu Baganduang tidak hanya pada 1 Syawal, tapi juga pada lebaran keenam.

"Besok itu festivalnya. Bedanya, kalau 1 Syawal dilaksanakan subuh, nah besok dilaksanakan siang, setelah Salat Zuhur," ujar Azhar, Jumat (6/5/2022) di Telukkuantan.

Dikatakan Azhar, kegiatan yang akan dihadiri Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, memiliki potensi wisata yang bisa dijual. Sebab, Perahu Baganduang punya keunikan dan sarat akan budaya lokal.

"Kalau tahun ini, target kita perantau yang pulang kampung. Ke depan, tentu harus bisa mencapai pasar nasional dan manca negara," kata Azhar.***