PEKANBARU - Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus, MT berharap Gerakan Pramuka lebih proaktif memberikan perannya menuju pembangunan Pekanbaru sebagai kota metropolitan yang madani. Pramuka sebagai penggerak masyarakat dalam meningkatkan motivasi pembangunan kedepan.

Harapan tersebut disampaikan Walikota Firdaus saat membuka kegiatan Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka X yang berlangsung di aula Kantor Walikota, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Sabtu (12/12/2015). Kegiatan ini turut dihadiri Ketua Kwarda Pramuka 04 Riau Azaly Djohan, Ketua Kwarcab Pramuka 04.06 Kota Pekanbaru Drs. H. Azharisman Rozie, Kabag Humas Pemko Pekanbaru Alek Kurniawan dan Kadis Sosial Dra. Hj. Chairani.

"Semoga kedepannya Gerakan Pramuka Pekanbaru lebih proaktif untuk menciptakan situasi kondusif demi terwujudnya Kota Pekanbaru sebagai kota metropolitan yang madani," sampai Walikota.

Pramuka diharapkan lebih kreatif dan selalu diperbaharui sehingga anggota merasa bangga dizamannya tanpa melupakan prinsip dasar Pramuka.

Tantangan yang dihadapi kaum muda saat ini semakin memprihatinkan, baik dari sisi sosial, ekonomi, budaya dan politik. Berbagai persoalan muncul, antara lain, rendahnya solidaritas sosial yang berdampak pada pudarnya rasa nasionalisme bangsa. "Kaum muda harus diselamatkan dari cengkraman berbagai masalah," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Firdaus, Pramuka memiliki peran penting di tengah konflik sosial yang marak terjadi di masyarakat. Gerakan Pramuka diharapkan mampu membentuk karaktet kaum muda sebagai bekal hidup. rls