BENGKALIS - Bupati Bengkalis diwakili Asisten Tata Pemerintahan, Hj. Umi Kalsum membuka lomba cipta pangan lokal beragam, bergizi, simbang dan aman (B2SA) tingkat Kabupaten Bengkalis di halaman Kantor Dinas Ketahananan Pangan Kabupaten Bengkalis, Kamis (25/7/ 2019).

Peserta lomba cipta menu/festival pangan lokal B2SA ini diikuti Tim Penggerak PKK 11 kecamatan se-Kabupaten Bengkalis dengan jumlah peserta sebanyak 44 orang.Dalam arahan tertulis Bupati Bengkalis yang dibaca Asisten I H Umi Kalsum mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis, mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya kegiatan lomba cipta menu pangan B2SA yang ditaja Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis.

''Semoga momentum ini dapat memantapkan kemandirian pangan dan mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman, dengan komposisi gizi yang seimbang dan dapat menumbuhkan kreatifitas serta inovasi dalam membuat olahan pangan yang menarik dan citarasa tinggi, sehingga dapat meningkatkan nilai tambah pangan lokal dan memiliki nilai komersial,'' ujarnya.

Bupati juga berharap kepada stakeholder, para camat dan seluruh kepala perangkat daerah Pemerintah Kabupaten Bengkalis agar senantiasa melakukan upaya-upaya dalam menumbuh kembangkan dan membina usaha kecil menengah masyarakat yang bergerak pada bahan baku pangan lokal, agar mutu pangan lokal dapat bersaing dengan produk-produk impor yang telah menjamur di pasaran. Sehingga bahan pangan lokal menjadi tuan di tanah kita sendiri.

Sementara Ketua Panitia Lomba, Susy Hartati mengatakan, tujuan lomba tersebut untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam menerapkan prinsip beragam, bergizi, seimbang dan aman atau B2SA dengan memanfaatkan olahan pangan lokal.

Kemudian mendorong percepatan penganekaragaman pangan dengan memasyarakatan keluarga untuk mengkonsumsi aneka raga jenis pangan dengan porsi seimbang ( menu disajikan dalam bentuk Lunchbox B2SA). Dan mendorong kereativitas dan inovasi dalam mengembangkan olahan pangan lokal yang bernilai tinggi.

Susy juga menjelaskan, dewan juri yang sudah ditetapkan sejumlah tiga orang yaitu, dari Dinas Ketahanan Panggan Provinsi Riau, Tim Pengerak PKK Provinsi Riau dan Tata Boga Indonesia Chef Assosiation (ICA) Provinsi Riau.

Sambung Susy pemenang lomba cipta menu festival pangan lokal B2SA tingkat Kabupaten Bengkalis akan menerima hadiah juara I Rp. 4000.000, juara II Rp. 3500.000 dan juara III Rp. 3000.000.

Dan bagi peserta yang tidak mendapatkan juara akan menerima uang pembinaan masing-masing sebesar Rp. 500.000.

Keluar sebagai juara I, Kecamatan Bantan. Ini merupakan yang ketiga kalinya mereka keluar sebagai juara I. Sementara juara II diraih Kecamatan Talang Muandau dan juara III diraih Kecamatan Bukit Batu.***