BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati Bengkalis Riau, H Herliyan Saleh meminta seluruh satuan kerja perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis membuat kegiatan-kegiatan atau program-program yang bisa mendukung segera terwujudnya Bengkalis menjadi kota pendidikan dan kota layak anak.

''Keduanya saya pikir sejalan, tinggal lagi bagaimana satuan kerja perangkat daerah membuat program-program yang bisa mendukung kota layak anak dan menjadikan Bengkalis sebagai kota pendidikan,” ungkap Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh kepada sejumlah wartawan, pekan lalu.

Dipaparkan Bupati, dalam upaya mewujudkan kota layak anak adalah bagaimana hak-hak bisa terpenuhi dengan baik tanpa adanya diskriminasi. Mereka bisa bermain dengan baik dan terhindar dari kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga (KDRT).

''Bagaimana kasus KDRT bisa dicegah atau diminimalisir. Kemudian bagaimana kita menyediakan tempat-tempat bermain yang baik dan layak bagi mereka serta menciptakan lingkungan yang nyaman sehingga mereka bisa tumbuh dengan baik sebagai generasi penerus bangsa,” tegas Bupati.

''Bicara soal generasi penurus bangsa, tambah Bupati, juga tidak terlepas dari asupan gizi yang cukup bagi anak-anak. Untuk itu ia sangat berharap dengan telah dikukuhkannya pengurus Forum Peningkatan Komsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kabupaten Bengkalis, bisa mendorong peningkatan komsumsi ikan di Kabupaten Bengkalis dalam upaya pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat.

''Tujuan pembentukannya adalah menyatupadukan gerak dan langkah semua unsur terkait (stakeholders) dalam rangka peningkatan komsumsi ikan di Kabupaten Bengkalis dalam hal pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat. Perbaikan gizi melalui komsumsi ikan berdampak langsung kepada perbaikan kualitas sumber daya manusia,” tegas Bupati.

Untuk itu ia meminta kepada Forikan terus berupaya meningkatkan kampanye gemar ikan dan sosialisasi tentang manfaat ikan bagi kesehatan. Sasaran yang dituju adalah siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta para ibu yang berperan dalam mengolah menu masakan berbahan baku ikan seperti fish nugget, bakso ikan, pempek dan otak-otak.

Apalagi tambah Bupati, konsumsi ikan ini tidak terbatas. Makin banyak anak-anak makan ikan, maka makin bagus untuk pertumbuhannya. Baik pertumbuhan secara fisik maupun pertumbuhan tingkat kecerdasan anak. Karena di dalam daging ikan itu terdapat protein yang tinggi dan lemak omega tiga yang bisa meningkatkan kecerdasan anak. (jfk)