SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi mengajak masyarakat main keroyokan di Masjid. Keroyokan yang dimaksud orang nomor satu di Kota Sagu itu bukanlah keroyokan untuk berantem atau berkelahi melainkan dalam hal percepatan pembangunan tempat ibadah, Masjid.

Demikian disampaikan H Irwan saat menghadiri peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, di Desa Banglas, Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Riau.

Kata H Irwan, saat ini pemerintah daerah terus berupaya menfasilitasi renovasi dan pembangunan Masjid yang representatif di seluruh wilayah Kepulauan Meranti. Namun, untuk mewujudkannya dibutuhkan dana yang tidak sedikit.

Agar renovasi maupun pembangunan Masjid yang saat ini sedang dilakukan dapat berjalan cepat, dibutuhkan juga partisipasi masyarakat yang menyumbang melalui Infaq. Untuk itu Bupati Kepulauan Meranti mengimbau jajaran pemerintahan dan masyarakat untuk menggalakannya.

"Pola mempercepat pembangunan masjid adalah dengan main keroyok di masjid-masjid yang sedang dibangun. Alhasil, banyak masjid yang dulunya tidak bagus semakin bagus dan pembangunannya semakin cepat," ujar Bupati seraya mengajak semua pihak turut berpartisipasi.

"Banyak orang bertanya dalam perayaan Isra Mi'raj di Masjid Ar-Rahman saya selalu hadir alasanya karena Masjid ini sedang dalam proses pembangunan dan saya harapkan dengan kahadiran saya jajaran pemerintan dan masyarakat dapat berpartisipasi membantu pembangunan masjid sehingga lebih cepat," aku Bupati.

Disampaikan perwakilan pengurus Masjid Ar-Rahman, Jufri, sejak dua tahun yang lalu tepatnya 2 Februari 2016, pengerjaan pembangunan Masjid Ar-Rahman yang diperkirakan memakan dana sebesar Rp3,5 miliar telah dimulai. Kini pembangunan telah memasuki tahap pembuatan relief dan pembangunan tempat parkir yang mampu menampung hingga 70 sepeda motor.

"Penyelesaian relief bagian depan masjid kita targetkan sebulan kedepan," jelas Jufri.

Dijelaskan Jufri, pengurus Masjid Ar-Rahman telah menjalankan berbagai program dalam rangka meningkatkan minat baca Al-Quran di tengah masyarakat. Diantaranya kuliah subuh, wirid dan pengajian umum, membaca Al-Quran satu helai satu hari, program beasiswa bagi anak penghafal Al-Quran guna melanjutkan pendidikan kerumah Tahfiz Quran di Pekanbaru.

Pengurus Masjid Ar-Rahman juga terus berupaya menghimpun dana masyarakat melalui Infaq yang digunakan untuk pembangunan masjid. Dari keterangan pengurus masjid, tahun lalu berhasil dihimpun dana hingga Rp287 huta dan diharapkan tahun 2017 ini dapat terhimpun sampai Rp400 Juta, selain untuk pembangunan dana tersebut juga digunakan untuk melaksanakan berbagai program seperti pembinaan anak-anak menjadi Imam, Bilal,dan Khatib.

Untuk diketahui pada kesempatan itu dalam kegiatan juga hadir Ketua DPRD Fauzi Hasan, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM, Asisten III H T Akhrial, Kepala Dinas/ Badan/ Bagian, dan Camat di lingkungan Pemkab Meranti, serta tokoh agama/adat/ masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba Pekan Isra Miraj 2017 Masehi yang ditaja Ikatan Remaja Masjid Ar-Rahman diataranya untuk pemenang Syahril Quran, Azan, Tahfiz Quran, Fahmil Quran. rls