JAKARTA – Terobosan Bupati Pelalawan, H Zukri dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakatnya melalui program Universal Health Coverge (UHC) atau pelayanan kesehatan gratis, berbuah manis.

Program ini, warga cukup menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) Kabupaten Pelalawan, saat mendatangi tempat layanan kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit.

Sebuah penghargaan UHC dari BPJS berhasil didapatkan karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan dinilai sukses karena sebanyak 97,7 persen masyarakat Kabupaten Pelalawan telah tercover oleh jaminan kesehatan.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), M Tito Karnavian kepada Bupati Pelalawan, H Zukri di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (14/03/2023).

Disampaikan Bupati Zukri, Kabupaten Pelalawan dengan jumlah penduduk kurang lebih 422.907,00 jiwa berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang optimal terhadap seluruh masyarakat Pelalawan.

Salah satunya dengan menyediakan pembiayan untuk tercapai jumlah kepesertaan menuju UHC. Sebanyak 97,7 persen masyarakat Kabupaten Pelalawan telah tercover oleh jaminan kesehatan.

"Ini tentu berkat dukungan semua pihak dalam mendukung program Pemerintah Kabupaten Pelalawan," ucapnya.

Politisi PDIP itu berharap, dengan tercapainya UHC di Kabupaten Pelalawan dapat semakin meningkatkan akses kesehatan dan mutu pelayanan kesehatan.

"Semoga UHC di Pelalawan dapat terus dipertahankan sehingga semua masyarakat dapat pelayanan kesehatan yang prima," tandasnya.

UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau. ***