BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Bupati Rokan Hilir, Suyatno,A.Mp sudah menerima laporan tentang banjir di daerahnya dan untuk Kecamatan Bangko Pusako, Rabu (14/1/2014) Bupati juga sudah melakukan kunjungan sekaligus menyalurkan logistik kepada korban banjir di beberapa desa itu.

''Kedatangan saya untuk melihat langsung kondisi disini dan sekaligus mengurangi beban bapak dan ibu dengan bantuan sembako,'' kata Bupati Rokan Hilir dihadapan warga korban banjir dikepenghuluan Bangko Mukti kecamatan Bangko Pusako.

Bupati mengharapkan kepada warga korban agar tidak menjadikan musibah banjir sebagai beban namun hendaknya merupakan ujian dan rahmat dari Yang Maha Kuasa.

Dikatakannya, warga hendaknya bersyukur karena bencana banjir diRohil tidak separah dengan daerah lain seperti dikalimantan dan Jawa yang ketinggian air bisa mencapai 4 meter.

''Saya melihat debit air sudah menyusut sehingga warga bisa kembali beraktifitasn'' kata Suyatno.

Sementara itu, Camat Bangko Pusako, Sukardi menyebutkan, ketinggian air saat ini sudah mencapai 20 cm. Wilayah yang terkena dampak banjir berada dikepenghuluan Bangko Kanan, Bangko Mukti dan Pematang Nibul.

Adapun jumlah warga yang terkena dampak banjir mencapai 2579 Jiwa. Menurutnya belum ada info korban jiwa dan kerugian materi yang diperoleh oleh pihak kecamatan. Harapannya, dengan bantuan ini, warga bisa memanfaatkan bantuan yang diberikan Bupati untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari hari. (amr)