SELATPANJANG - Camat, kades dan lurah di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau diminta jangan hanya bisa menunggu tapi harus bisa jemput bola dan terus berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk mendengarkan keluhan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Permintaan itu disampaikan Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH saat lounching program 'Ketuk Pintu Melayani Dengan Hati dan Pencanangan Pendataan Keluarga Tahun 2021' bertempat di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Kamis (1/4/2021).

"Camat, kades dan lurah jangan hanya bisa menunggu tapi harus bisa jemput bola untuk mendengarkan masyarakat terkait layanan apa yang dibutuhkan," ucap Bupati Adil.

Kegiatan ditandai dengan pemasangan tanda peserta kepada perwakilan tim pendata, yang dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH didampingi Sekretaris Daerah Dr H Kamsol MM dan kepala OPD lainnya.

Dalam pidatonya, Bupati Adil mengatakan 'Program Ketuk Pintu Melayani Dengan Hati dan Pencanangan Pendataan Keluarga Tahun 2021' merupakan salah satu program utama yang akan dijalankan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Dengan program ini Bupati Adil berharap dapat menuntaskan bebagai permasalahan yang dihadapi masyarakat Kepulauan Meranti mulai dari masalah kemiskinan, masih rendahnya kualitas pendidikan, kurang optimalnya pelayanan kesehatan, sosial, hingga pembangunan infrastruktur publik.

Dengan telah dicanangkannya program itu, maka mulai saat ini Tim Ketuk Pintu Melayani Dengan Hati sudah mulai turun ke lapangan untuk mendatangi rumah-masyarakat di manapun berada untuk melakukan pendataan kondisi real masyarakat dengan berbagai problema yang dihadapi. Nantinya data tersebut akan menjadi basis data yang akan menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan sehingga program yang dijalankan lebih cepat, tepat, efektif, efisien dan memberikan manfaat optimal bagi masyarakat.

Untuk mensukseskan program ini Bupati Adil, mengintruksikan kepada camat, kades dan lurah bekerja serius dengan menjadikan program ini sebagai prioritas.

"Ini merupakan program utama kita untuk itu harus kita laksanakan dengan serius," ujar Bupati Adil

Melalui program ini Pemkab Meranti akan menghimpun seluruh informasi permasalahan yang ada dimasyarakat sesuai dengan kondisi real di lapangan nantinya data yang akurat dan valid itu, akan menjadi basis data yang akan digunakan sebagai acuan dan pertimbangan Pemkab Meranti dalam menjalankan program pembangunan yang tepat sasaran, efisien dan efektif menuju Meranti, Maju, Cerdas dan Bermartabat. 

"Jalankan program ini dengan baik sesuai dengan tupoksi tiap OPD khususnya yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik," pungkasnya.***