PEKANBARU - Harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) diprediksi masih dalam tren positif atau bergerak naik. Tercatat, harga CPO saat ini dibaderol harga Rp 11.022,36 per kg dan harga Kernel Rp 5.304,28 per kg.

Demikian disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja, Selasa (16/8/2022).

Mengutip pernyataan Macro Equity Strategist Samuel Sekuritas Indonesia Lionel Priyadi, lanjut Defris, saat ini pasar sedang dalam euforia merespons positif data-data ekonomi China dan AS.

"Hambatan-hambatan yang sempat mengganggu rantai pasok akibat efek domino pandemi Covid-19 juga secara perlahan mulai berkurang. Di sisi lain, produksi di dalam negeri juga bagus," kata Defris.

Selain itu, kenaikan tersebut juga dipicu oleh melonjaknya harga minyak saingan karena persediaan di China dan India menurun.

Ditambah, data ekspor CPO Malaysia menunjukkan kenaikan dalam 10 hari pertama di bulan ini, membuat CPO kian diminati di pasar nabati.

Secara historis, harga CPO diperdagangkan di bawah harga minyak kedelai. Harga minyak kedelai di Dalian berakhir naik 1,94% dan harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade menguat 0,39%.

"Minyak sawit dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak terkait karena mereka bersaing untuk mendapatkan bagian di pasar minyak nabati global," jelasnya. ***