PASIR PANGARAIAN, GORIAU.COM - Meski berada di dataran tinggi, namun Rokan Hulu merupakan salah satu daerah di Riau yang selalu ''langganan'' banjir. Disaat banjir, beberapa peralatan sangat dibutuhkan seperti sekoci maupun speedboat.

Terguguh untuk mendukung persoalan daerah, Bank Riau Kepri melalui program Corporate Social Responsibily, menyalurkan bantuan berupa peralatan penanggulangan bencana kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berupa 3 sekoci dan 1 speedboat lengkap dengan mesinnya.

Bantuan senilai Rp 200 juta lebih telah diberikan pihak Bank Riau Kepri kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul selesai upacara HUT Kabupaten Rohul ke-15 tahun ini di halaman kantor Bupati Rohul.

Menurut Kepala Cabang Bank Riau Kepri Pasirpangaraian, Tengku Muhammad Fadhly SE.Ak melalui Pemimpin Seksi Operasional Dadang Wahyudi, peralatan diberikan untuk penanggulangan banjir di Kabupaten Rohul, terutama dalam menghadapi bencana banjir.

''Bantuan ini sesuai pengajuan dari daerah. Sebelumnya ada pengajuan dari BPBD Rohul, melalui Sekdakab Rohul, bahwa daerah membutuhkan sekoci dan speedboat untuk menangani bencana banjir,'' kata Dadang, Kamis (16/10/2014).

Dadang menjelaskan sebelum membantu, biasanya Bank Riau Kepri menanyakan dulu kebutuhan yang diperlukan. ''Sehingga bantuan bisa benar-benar digunakan, tidak mubazir,'' jelas Dadang.

Melalui CSR tahun lalu, sambung Dadang, BRK juga ikut membantu para korban banjir. Namun bantuan diberikan baru sebatas bahan makanan.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Rohul Aceng Herdiana berterima kasih kepada pihak BRK karena telah membantu peralatan kepada instansinya.

Aceng mengakui, BPBD Rohul sampai tahun ini masih kekurangan armada Pemadam Kebakaran, termasuk 3M yakni Money, Manusia and Material. ''Terutama peralatan evakuasi, mitigasi dan untuk rehabilisasi. Kita perlu membudayakan pola hidup yang tangguh menghadapi bencana,'' jelas Aceng.

Aceng mengharapkan seluruh perusahaan di Kabupaten Rohul ikut membantu instansinya seperti yang dilakukan pihak BRK, terutama untuk alat transportasi dan evakuasi bencana, termasuk peralatan peringatan dini saat bencana datang. (ram)