BANGKINANG - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kampar mengadakan pelatihan keterampilan Perempuan Kepala Rumah Tangga (Peka). Pelatihan ini membuat berbagai aneka kue dan jahit menjahit, seperti menjahit mukena dan sulam pita.

Pelatihan keterampilan Perempuan Kepala Rumah Tangga (Peka) ini telah berlangsung selama lima hari, yang dimulai pada tanggal 13-17 November 2017 lalu. Dan pelatihan menjahit mukena dan sulam pita berlangsung selama 25 hari, yang dimulai 13 November dan berakhir pada tanggal (7/12/2017) lalu di Stanum Bangkinang.

Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kampar, Edi Afrizal saat ditemui GoRiau.com diruangan kerjanya, Selasa (12/12/2017) siang tadi mengatakan, dengan diadakan pelatihan jahit dan pelatihan membuat kue bisa menerapkan di daerahnya masing-masing.

"Kepada seluruh peserta yang telah mengikuti pelantikan, agar di masing-masing daerahnya bisa memanfaatkan ilmu yang telah didapat," harapnya.

Edi juga berharap berdayakan dan tingkatkan partisipasi diri ditengah-tengah kehidupan masyarakat dan keluarga melalui kegiatan-kegiatan yang positif dengan keterampilan yang telah dimiliki, "Dengan telah mengikuti pelatihan jahit dan membuat, kaum perempuan dapat ikut berperan didalam pembangunan Kabupaten Kampar kedepan," ujarnya.

Karena menurut Edi Afrizal kegiatan seperti mengadakan pelatihan dan menerapkannya di tengah-tengah masyarakat adalah sejalan dengan harapan Bupati Kampar untuk terwujudnya program 3I, Infrastruktur, Industri dan Investasi.

"Saya menghimbau kepada peserta yang kemarin, prakatekkan ilmu dan keterampilan yang telah didapat dari pelatih, perkuat rasa percaya diri, manfaatkan bantuan peralatan sebagai modal awal dalam berwirausaha, jangan berputus asa, tingkatkan terus kemampuan dengan mencoba dan mencoba sehingga kemampuan peserta selalu terasah," pesannya. ***