PEKANBARU – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru akan menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun ajaran 2022/2023. Hal ini disampaikan Sekretaris Disdik Kota Pekanbaru, Muzailis, Selasa (17/5/2022).

"Tahun ini, kita akan lakukan secara online sama dengan SMP," ujarnya.

Menurutnya, PPDB tingkat SD akan dimulai terhitung tanggal 20 Juni hingga 25 Juni 2022. Sementara untuk tingkat SMP dimulai tanggal 27 Juni hingga 2 Juli.

"SD ini lebih duluan dari SMP dan sistemnya masih zonasi juga. Cuma bedanya untuk SD, itu berdasarkan umur dan jarak rumah. Kalau SMP kan tidak pakai umur, tapi hanya zonasi," jelasnya.

Ia melanjutkan, persiapan sistem online tidak membutuhkan peralatan khusus. Sistem online ini juga akan dirancang sesederhana mungkin agar orang tua lebih mudah mendaftarkan anaknya daripada datang langsung ke sekolah.

"Rata-rata sekolah kita sudah ada jaringan internetnya. Kalau untuk aplikasinya, kita mendatangkan perusahaan atau vendor dari pihak ketiga untuk jaringan aplikasi. Jadi anak bisa didaftarkan dari rumah, dimana saja, melalui online," jelasnya.

Sementara itu, kepada setiap orang tua yang akan mendaftarkan anaknya diminta untuk segera mempersiapkan semua administrasi yang dibutuhkan. Untuk persyaratan, dapat dilihat langsung di website Disdik Pekanbaru. ***