SIAK SRI INDRAPURA - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Siak melaksanakan training of trainer fasilitator daerah pembelajaran jenjang SD penyebaran program Pengembangan Inovasi Kualitas Pembelajaran (PINTAR) lembaga filantropi Tanoto Foundation.

Kegiatan yang didanai dari APBD Perubahan Siak 2019 ini berlangsung ,16 sampai 20 Desember 2019 di Grand Royal Hotel Kelurahan Kampung Rempak, Siak Sri Indrapura, Riau.

Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Siak, H. Lukman, S.Sos. M.Pd. menyampaikan harapan yang besar dari program diseminasi ini untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

Dari model pembelajaran aktif, semua peserta dilibatkan dalam diskusi dan diberi kesempatan untuk memaparkan ide, hal positif, dan negative ini, bisa diterapkan sampai ke sekolah-sekolah melalui KKG.

"Ini juga untuk mengakomodasi inovasi pembelajaran siswa agar program-program digitalisasi untuk menunjang pembelajaran di sekolah sehingga diharapkan kita bisa siap menghadapi revolusi industri 4.0 dan semoga hingga 5.0", ujar Lukman.

Training of trainer fasilitator daerah pembelajaran jenjang SD diikuti oleh 90 guru yang tersebar mewakili 14 kecamatan yang ada di kabupaten Siak, baik negeri maupun swasta.

Instruktur/fasilitator pada Training Of Trainer ini terdiri dari fasilitator dosen LPTK Mitra Tanoto Foundation dari UIN Suska Riau dan Fasda Tanoto Foundation yang berkompten dibidangnya.

Ketua panitia Training of Trainer Fasda Pembelajaran, Syamsul Bahri Siregar, S.IP menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat mempersiapkan dan membekali guru sebagai agen penggerak di gugus kelompok kerja guru dalam upaya perbaikan kualitas pembelajaran, menambah, dan melengkapi fasilitaor daerah yang sudah ada.

“ ToT ini diharapakn menjadi agen penggerak (Fasda) yang diharapkan dapat melaksanakan tugas di kecamatan masing-masing,” tutur Samsul yang juga Kasi Pembinaan GTKSD dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Siak.

Sementara itu, Provincial Coordinator perwakilan Provinsi Riau Dendi Satria Buana, berharap setelah adanya pelatihan training of trainer fasilitator daerah pembelajaran jenjang SD diseminasi program PINTAR Tanoto Foundation di Kabupaten Siak ini, perubahan untuk menuju kualitas pembelajaran yang semakin baik tercapai.

Beliau melihat komitmen dan keseriusan dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Siak dalam menyebar luaskan praktik baik di kabupaten Siak, terbukti dengan adanya pembiayaan murni dari APBP P dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Siak sendiri.

Melalui kerjasama dengan penggiat pendidikan, harapannya menjadi langkah nyata Siak dan Tanoto Foundation untuk mempercepat aksi dalam upaya peningkatan mutu kualitas pendidikan di kabupaten Siak.

Sebelumnya pada 15 April 2019 lalu, Pemerintah kabupaten Siak telah melakukan diseminasi program pintar untuk modul I untuk 20 SD/MI dan 8 SMP/MTs yang tersebar di Kecamatan Siak, Mempura dan Sungai Apit, jumlah ini hanya 5 persen dari total sekolah di Kabupaten Siak.

Hingga satu tahun program PINTAR dilaksanakan di Kabupaten Siak, sudah terdapat banyak sekolah mitra yang dilatih dan dibina dinas pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Siak dan kementerian agama kabupaten Siak, yang bekerjasama dengan Tanoto Foundation. ***