TELUK KUANTAN, GORIAU.COM - Kendati belum dibukanya masa pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kuantan Singingi (Kuansing), namun suhu politik mulai terasa panas. Sejumlah nama mencuat dan digadang-gadangkan akan melanjutkan H. Sukarmis sebagai Bupati Kuansing.

Dari sekian nama yang menyatakan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Desember mendatang, Sukarmis membeberkan kriteria pemimpin yang harus dipilih.

Salah satu kriteria yang disampaikan Sukarmis adalah orang dengan komitmen tinggi membangun Kuansing.

"Bila dibandingkan dengan kabupaten kota lainnya, Kuansing ini belum ada apa-apanya. Terlebih, APBD kita sangat kecil. Untuk itu, sangat dibutuhkan pemimpin yang suka membangun," ujar Sukarmis kepada GoRiau.com, Kamis (25/6/2015) di Teluk Kuantan.

Kriteria ini selalu ia sampaikan dalam beberapa kegiatan safari Ramadan, mulai dari Cerenti, Pucuk Rantau dan Singingi Hilir tadi malam.

Menurutnya, masih banyak pembangunan yang harus dilakukan oleh pemerintahan selanjutnya, demi masyarakat dan kemajuan Kuansing. "Kita harus sejajar dengan daerah lain, walaupun Kuansing ini paling miskin."

"Pendirian tiga pilar merupakan upaya pemerintah sekarang untuk mewujudkan itu. Kalau tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi? Ini menjadi renungan kita bersama," pungkas Sukarmis.

Selain itu, kepada masyarakat Sukarmis memohon izin, sebab Ramadan tahun ini merupakan safari terakhir dirinya sebagai Bupati Kuansing. "Tahun depan, bukan saya lagi."

"Sebelum terlanjur salah pilih, gunakan hati nurani sejak sekarang dan pilihlah pemimpin yang cinta pembangunan," pungkas Sukarmis.(***)