BENGKALIS, GORIAU.COM - Komisi Pemilihan Umum Bengkalis mulai melakukan pensortiran surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Senin (12/8) malam. Ditemukan beberapa surat suara hanya memuat empat pasangan cagubri– cawagubri, satu pasangan dengan nomor urut 5, JE–MM tidak ada.

Ketua KPU Bengkalis melalui Pokja Logistik, Syuib saat dikonfirmasi, Selasa (13/8), membenarkan temuan tersebut. ''Memang saat proses sortir tadi malam  kita menemukan beberapa surat suara yang hanya memuat empat pasangan calon, yaitu pasangan nomor urut 1 sampai dengan 4. Sementara pasangan nomor urut 5 tidak ada,'' ujar Syuib.

Terhadap temuan tersebut, sesuai ketentuan KPU membuat berita acara untuk disampaikan ke KPU Provinsi. Surat suara tersebut dianggap rusak dan selanjutnya akan meminta dikirimkan surat suara pengganti dengan jumlah yang sama sesuai dengan surat suara yang mengalami kerusakan.

''Jumlahnya tidak banyak dan tidak akan mengganggu jalannya proses Pilgubri. Namun demikian, aturan main kita sudah jelas. Berapapun yang mengalami kerusakan tetap kita buat berita acaranya,” katanya lagi.

Ditambahkan Syuib, surat suara yang sudah tiba di Bengkalis sedang dilakukan proses sortir dan pelipatan. Sesuai ketentuan, jumlah surat suara yang harus diterima sebesar jumlah pemilih ditambah 2,5 persen sebagai cadangan. Saat ini hanya kekurangan satu kotak surat suara dengan jumlah 3.000 surat suara.

''Terhadap kekurangan ini sudah dibuat berita acaranya dan akan dikirimkan oleh pihak distributor,'' tutup Syuib.(jfk)