DUMAI, GORIAU.COM - Dewan Pimpinan Daerag (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Dumai mengklaim pada Pemilu Legislatif, Rabu (9/4) lalu, partai dengan nomor urut delapan itu meraih 15.000 suara. Dengan hasil ini, ada empat Calon Legislatif (Caleg) yang punya kesempatan besar duduk di DPRD Kota Dumai untuk lima tahun mendatang, periode 2014 – 2019.

Mereka yang berpeluang berasal dari empat Daerah Pemilihan (Dapil) di Dumai. Untuk Dapil 1 (Kecamatan Dumai Kota) yakni Ahmad Effendi, sedangkan Dapil 2 (Kecamatan Dumai Timur dan Medang Kampai) yakni Zainal Abidin. Kemudian Dapil 3 (Kecamatan Bukit Kapur dan Sungai Sembilan) yakni Abdul Kasim dan Dapil 4 (Kecamatan Dumai Selatan dan Dumai Barat) yakni Hasrizal.

''Alhamdulillah DPD PAN Dumai berhasil meraih 15.000 suara. Hal itu berdasar hitung cepat yang kita lakukan pada Kamis pekan lalu. Terimakasih tak lupa saya ucapkan kepada seluruh masyarakat Dumai yang masih mempercayai Wakil Rakyat dari Partai PAN,'' kata Ketua DPD PAN Kota Dumai, Zainal Abidin kepada Awak Media di Kantor DPD PAN Kota Dumai, Senin (14/4/2014)

Menurut Zainal, Hasil Pemilu Legislatif 2014 itu diperoleh berdasar penghitungan suara yang dilakukan di 607 TPS di Dumai. Penghitungan cepat yang dilakukan berdasar penghitungan di TPS hingga Kamis (10/4) dinihari.

''Hal itu juga sesuai dengan formulir C1 Berita Acara Penghitungan Suara yang disampaikan saksi DPD PAN, ke Kantor DPD PAN Dumai. Akurasinya mencapai 94 persen. Jadi, untuk sementara PAN berkemungkinan memperoleh empat kursi di DPRD Dumai dan bisa saja bertambah,” ujar Zainal.

Menurut Zainal, penghitungan suara memang belum selesai, tapi Ia optimis Caleg di tingkat Kota Dumai bisa meraih banyak suara. Apalagi dari penghitungan cepat sementara dari DPD PAN Dumai, Para Caleg incumbent banyak mendapat dukungan di masing-masing Dapil.

Seperti pada penghitungan di PPS yang ada di kawasan Dumai Timur, Medang Kampai, Dumai Kota dan kecamatan lainnya di Dumai. Sedangkan di Sungai Sembilan belum masuk dalam penghitungan cepat.

''Apapun hasil Pemilu Legislatif nanti, kita akan lakukan yang terbaik untuk masyarakat Dumai. Proses demokrasi harus kita hormati. Maka siapa pun yang duduk di kursi DPRD Kota Dumai akan kita dukung,'' tegasnya.

Terkait hasil pengitungan cepat itu, Zainal mengucapkan terima kasih ata dukungan yang diberikan masyarakat Dumai. Khususnya yang ikut partisipasi dalam memberikan suara pada Pemilu 2014.

''Kami juga ucapkan terima kasih pada semua kader PAN di Dumai. Baik pengurus ranting, cabang, daerah hingga di tingkat pusat,'' ucapnya.

Sementara, optimisnya PAN mendapat lebih dari 4 kursi di DPRD Dumai, karena belum semua suara yang masuk, sehingga kemungkinan besar PAN bisa mendapatkan satu kursi lagi dari Dapil 3 dan Dapil 4.

''Peluang mendapatkan satu kursi lagi ada di Dapil 3 dan 4. Ya, Insyallah PAN Bisa. Karena, target kita 5 kursi, sehingga masih ada kemungkinan PAN untuk mencapai target itu,'' tegas Zainal.

Selaku Ketua Partai, dirinya tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan Pemilu Legislatif di tahun ini. ''Apapun hasil pemilu harus kita hormati secara baik. Karena, kelemahan itu pasti ada, hormati proses demokrasi secara jujur dan hasil ini adalah pilihan rakyat. Siapapun yang mengurus kursi legislatif, itu adalah putra-putri terbaik Dumai dan juga pilihan rakyat Dumai,'' pesannya.

Ditambahkannya, kenapa Kader PAN yang telah duduk bisa terpilih kembali, karena kader PAN Yang duduk di Kursi DPRD Dumai periode 2004-2009, telah bekerja secara baik, terutama dalam merealisasikan infrastruktur untuk masyarakat. ''Dan tak dipungkiri masyarakat kita sudah cerdas dalam memilih wakilnya ke depan,'' tutup Zainal Abidin. (za)