JAKARTA - Beredar video sekelompok kader PAN Riau temui Anies Baswedan dan menyatakan dukungan kepada Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut dalam acara Rapat Akbar Relawan bersama Anies Baswedan yang digelar partai NasDem di Jalan Gajahmada, Pekanbaru, Minggu (4/12/2022).

Hal ini kemudian ditanggapi santai oleh Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN dr. Irvan Herman Abdullah. DPP PAN menurut Irvan, menegaskan bahwa yang dilakukan Zulmizan Cs adalah usulan pribadi bukan keputusan Partai.

"Apa yang dilakukan Zulmizan dan teman-teman yakni menyatakan dukungan terhadap Anies Baswedan di Acara partai NasDem Raiu adalah usulan pribadi, tidak ada sangkut pautnya dengan DPW PAN Riau," jelas Irvan Herman (4/12/2022)

Menurutnya, selama masih bersifat usulan, maka silahkan saja. "Ya. Selama usulan pribadi silahkan saja, dan ini bukan deklarasi ya. Harus dicatat, bukan deklarasi DPW PAN Riau,” tambahnya

Lebih lanjut Pembina Wilayah PAN Riau yg juga putra Walikota Pekanbaru 2 periode Herman Abdullah ini memastikan, DPP PAN telah menyerahkan secara penuh keputusan soal capres dan cawapres kepada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. "Amanat Rakernas PAN 2022 jelas kok, soal komunikasi dan penetapan siapa Capres serta Cawapres PAN di 2024 memang diserahkan ke Ketua Umum," tegasnya.

Ia pun memastikan bahwa masukan segenap kader PAN pasti didengar oleh Ketua Umum PAN. Hanya saja jika sudah ada keputusan Ketua Umum dan DPP maka semua harus ikut.

Irvan juga menegaskan bahwa apa yang terjadi di Riau berbeda dengan yang di Jateng. "Jangan disamakan dengan deklarasi Jateng, di Jateng keputusan resmi Ketua DPW PAN jateng, beda dengan Riau yang mana Ketua DPW PAN riau Alfedri saja tidak ada di situ," urainya.

Tidak hanya di Riau, sbeelumnya, dukungan serupa juga terjadi di Sumatera Barat. Sejumlah tokoh Sumbar menyambut kedatangan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Salah satunya anggota DPR RI dari Fraksi PAN, Guspardi Gaus.

Padahal PAN tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Namun menurut Guspardi, keberadaannya menyambut Anies hanya kebetulan, lantaran dirinya juga lagi berada di BIM hendak ke Jakarta. "Kebetulan lagi di bandara. Tentu sebagai tokoh Sumbar, ada calon yang akan maju sebagai presiden, ya silahturahim dengan siapapun kan tidak masalah," kata Guspardi, Sabtu (3/12/2022).

Guspardi mengungkapkan, meskipun PAN tergabung dalam KIB namun sampai saat ini belum ada menentukan calon presiden. Bahkan, kata dia, DPP PAN juga memberikan ruang untuk kader memantau dan mendengarkan aspirasi masyarakat terhadap semua calon.

"Anies kan termasuk calon, ada sembilan calon, masuk Ganjar, Anies, Puan dan termasuk Prabowo. Jadi sembilan calon yang ditetapkan dalam Rakernas. Selagi belum diputuskan oleh DPP, pengurus partai atau anggota DPR RI diberikan ruang untuk menata, mendalami aspirasi-aspirasi masyarakat di daerah (terhadap bakal calon)," jelasnya.

"Artinya PAN belum memutuskan siapa yang jadi calon presiden. Jadi sebelum adanya keputusan partai, DPP memberikan ruang kepada kader untuk memantau dan mendengarkan aspirasi masyarakat untuk siapa yang diusung," pungkasnya.***