SELATPANJANG, GORIAU.COM - Hasil penilaian oleh Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jendral Otonomi Daerah (Dirjend Otda) Kementrian Dalam Negeri terhadap daerah pemekaran 2008-2009 se Indonesia, Kabupaten Kepulauan Meranti meraih prediket terbaik ke 2 dari 32 Kabupaten Kota. Sementara peringkat pertama diraih oleh Kota Tangerang Selatan.


Sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem), H Yulizar S Sos MSi didampingi Kasubag Pemerintahan umum dan Perangkat Daerah Muhammad Habibi SSTP, ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/10/2014). Yulizar mengungkapkan Meranti mendapatkan peringkat ke 2 dari 32 Kabupaten/Kota Pemekaran tahun 2008 dan 2009 dengan nilai 80,4.
"Kita hanya kalah nilai 0,1 saja. Kekalahan kita untuk menjadi yang terbaik terletak pada keterlambatan pengesahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Karena penilaian ini telah dilakukan pada tahun 2013 lalu," kata Yulizar.
Sementara itu, tambah Yulizar pula peringkat pertama terbaik diraih oleh Kota Tangerang Selatan dengan memperoleh nilai 80,5. Sementara ditempat ketiga diraih oleh Kota Sungai Penuh, Jambi dengan nilai 79,0.
Kata Yulizar lagi, kalau untuk penilaian daerah pemekaran pada tahun 2009 yakni sebanyak dua daerah di Indonesia, antara Kepulauan Meranti dengan Maybret Provinsi Papua, Kabupaten menjadi terbaik pertama.
Yulizar menyebutkan kemenangan Kepulauan Meranti dari Kabupaten/Kota Pemekaran lainnya terletak dari struktur Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang sangat sehat dan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Selain itu dikarenakan Kepulauan Meranti berhasil meraih penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan daerah yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
Atas keberhasilan ini, Yulizar mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti selama lebih kurang lima tahun terakhir, sehingga mampu menjadikan daerah termuda di Riau itu sebagai daerah Pemekaran terbaik dua di Indonesia. Dia mengatakan dengan perolehan tersebut akan menjadi motivasi dan pemicu untuk terus memajukan Kepulauan Meranti yang lebih baik lagi.
"Terimakasih kita kepada seluruh pihak yang telah mendukung Pemkab Meranti. Mudah-mudahan nantinya daerah ini akan terus berkembang dan menjadi kekatan baru di Riau," harapnya.(zal)