PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar melepas mobil siaga penanganan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak sapi, kerbau dan kambing, di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Senin (27/6/2022).

GoRiau Gubri Riau H Syamsuar memberik
Gubri Riau H Syamsuar memberikan arahan. (Ist)

Mobil tersebut akan dikerahkan untuk mendistribusikan vaksin obat-obatan bagi hewan ternak yang terdampak wabah PMK maupun hewan ternak yang sehat di kabupaten dan kota yang ada di Riau.

GoRiau Gubernur Riau H Syamsuar membe
Gubernur Riau H Syamsuar memberikan sambutan sebelum melepas rombongan mobil siaga penanganan wabah penyakit mulut dan kuku. (Ist)

''Dalam upaya mengatasi penularan PMK di Riau, hari ini kita melepas mobil pendistribusian vaksin untuk sapi, kerbau dan kambing,'' kata Gubri di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Senin (27/6/2022).

GoRiau Gubernur Riau H Syamsuar menye
Gubernur Riau H Syamsuar menyerahkan vaksin PMK. (Ist)

Syamsuar mengungkapkan, jumlah vaksin yang diterima Pemerintah Provinsi Riau untuk mengatasi PMK sebanyak 7.400 dosis, yang dibagikan secara bertahap. Pada Senin (27/8/2022), dibagikan 4.000 dosis vaksin.

GoRiau Gubernur Riau H Syamsuar menye
Gubernur Riau H Syamsuar menyerahkan vaksin PMK. (Ist)

Dituturkan Gubri, vaksin PMK tidak hanya didistribusikan kepada daerah-daerah yang terjangkit PMK, namun juga ke kabupaten dan kota yang belum terjangkit, agar penularan PMK ke daerah yang belum terjangkit tersebut bisa dicegah.

GoRiau Gubernur Riau H Syamsuar menye
Gubernur Riau H Syamsuar menyerahkan vaksin PMK. (Ist)

''Vaksin juga tidak hanya disuntikkan kepada sapi yang terjangkit, tapi juga sapi yang belum kena wabah PMK,'' ucapnya.

Syamsuar berharap pelaksanaan vaksinasi kepada hewan sapi, kerbau dan kambing dapat segera dilakukan, sehingga kebutuhan vaksin untuk selanjutnta bisa segera disampaikan kepada pihak kementerian.

''Segera laksanakan vaksinasi ini secepatnya agar kita bisa minta lagi kepada Pak Menteri dan diharapkan lebih banyak lagi vaksinasi kita laksanakan,'' sambungnya.***