PEKANBARU - Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tingkat Provinsi Riau dipadati ribuan masyarakat yang sengaja datang untuk terlibat langsung dalam senam pagi sehat bugar dan cek kesehatan gratis di car free day (CFD) Jalan Diponegoro Pekanbaru, Minggu (12/11/2017).

Dalam rangka memperingati HKN sekaligus memecahkan rekor Muri, berbagai kegiatan pun dikemas Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau untuk menarik perhatian masyarakat. Mulai dari senam massal, cek kesehatan gratis, Parade Riau Sehat Berbudaya, aksi sehat serta berbagai macam perlombaan.

Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman yang hadir secara langsung dalam kegiatan ini pun mengaku sangat mengapresiasi program-program Diskes yang dapat bersentuhan langsung dengan masyarakat tersebut. "Kalau bisa program-program bakti sosialnya ditambah," imbaunya.

Kemudian, orang nomor satu di Riau ini melakukan video telekonferensi bersama Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dan Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek. Saat berdialog itu, Gubri mengatakan bahwa gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang dilaksanakan di Riau telah dilakukan dengan terus menerus.

Disamping itu, penanganan antisipasi karlahut juga terus dipertahankan agar kualitas udara di Riau tetap segar dan terjaga.

Usai melakukan video telekonferensi, Gubri mengunjungi stand lomba membuat makanan berbahan dasar sagu dan ikan. Ia lantas mengatakan, bahwa produk makanan berbahan dasar sagu haruslah terus digalakkan. "Karena kalau bukan dari kita semua siapa lagi, mulailah dengan dari kita sendiri," ujarnya.

Politisi Partai Gilkar ini juga menyatakan komitmennya untuk mendorong program pariwisata berbasis budaya, dan sagu sebagai pendukungnya.

"Bapak Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa produk sagu asli daerah Riau merupakan produk terbaik di indonesia yang harus terus digalakkan," tuturnya. ***