DURI - Bupati Rokan hilir, Riau, Afrizal Sintong mengatakan, seluruh orang Rokan Hilir yang bermukim di Kota Duri, Bengkalis, bukanlah pendatang atau perantau. Karena itu, warga Rohil harus ikut membangun Duri dan juga Bengkalis bersama dengan warga lainnya.

Demikian disampaikan Afrizal Sintong saat menghahadiri halal bihalal Ikatan Keluarga Rokan Hilir (Ikarohil), Duri, Bengkalis, Minggu (12/6/2022). 

GoRiau

''Kota Duri adalah tempat asal orang Rohil, jadikita bukanlah perantau. Sebelum Duri berkembang seperti sekarang, warga Rohil sudah banyak dan lama menetap di Duri ini," kata Afrizal Sintong.

Hadir pada halal bihalal tersebut, Bupati Rohil Afrizal Sintong bersama istri dan Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS, MH, Rektor UIN Suska Riau Prof Dr Khirunisa Rajab MAg, Ketua DPRD Bengkalis, Ketua dan anggota DPRD, Forkompimda Bengkalis dan Forkompinda Rokan Hilir, tokoh masyarakat Buya Hamka, Ketua IK Persukuan, Panglima Laskar, OKP, LSM dan Ormas. 

GoRiau

Selain ikut membangun Duri dan Bengkalis, kata Afrizal Sintong, masyarakat Rohil di Duri juga harus ikut berkecimpung dalam kancah politik dan sektor lainnya. ''Melalui desentralisasi, masyarakat Rohil diharapkan berperan di berbagai bidang termasuk di partai politik dan kalau perlu, orang Rohil juga mempersiapkan diri sebagai bupati,'' harap Afrizal Sintong yang juga pernah sekolah di SD 042 Balai Makam, Duri sambil mengingat sosok Rozali yang pernah menjadi Kepala SDN tersebut.

Terpisah, Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS, MH mengajak warga Rohil yang berada di Duri Bengkalis mendukung pelaksanaan MTQ Provinsi Riau, Juli mendatang di Bagansiapiapi. ''Bantu, dukung, sukseskan. Banyak yang harus kita benahi agar Rohil sejajar dengan kabupaten lain,'' ajaknya.

Sementara itu, Yung Sanusi, Ketua Ikrohil Duri mengingatkan warga Rohil di Duri untuk menjalin silaturahmi dan ukuwah dengan sesama dan masyarakat setempat.

''Ada tiga hukum yang berkorelasi dengan keberadaan masyarakat Rohil di Duri Bengjalis ini. Pertama wajib memberikan manfaat di lingkungannya, kedua, haram jika warga Rohil merugikan warga sekitar dan terakhir mubah jika warga Rohil tidak memberikan manfaat apa-apa bagi lingkungannya,'' ujar Sanusi yang juga anggota DPRD Bengkalis ini.

Informasi dirangkum dari Ikrohil Duri, setidaknya ada 27 ribu orang Rohil berdomisili di Kabupaten Bengkalis sehingga kebersamaan menjadi salah satu kunci sukses pembangunan.

Pada kesempatan itu, bupati dan wakil bupati Rohil berkesempatan memberikan hibah kepada Ikatan Keluarga Rohil sebanyak Rp40 juta dan menyempatkan diri tepuk tepung tawar 7 orang calon jamaah haji asal Rohil yang berhaji melalui Duri-Bengkalis. ***