SELATPANJANG - Sebelumnya ada tiga pejabat yang ancang-ancang untuk mendaftar, dan bertambah satu pendaftar lagi. Sehingga, total hanya ada 4 (empat) pejabat yang memperebutkan posisi Sekretaris Daerah (Sekda) di Kabupaten bungsu di Riau itu.

Berdasarkan data pendaftar yang masuk, keempat pejabat tersebut siap bersaing untuk kursi Sekda Kabupaten termuda di Riau itu.

Mereka adalah, mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol, Asisten I Setdakab, Syamsudin, Pj Sekda Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto dan Kepala Dinas Perhubungan, dr H Arready.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kepulauan Meranti, Alizar SSos, melalui Sekretarisnya, Bakharuddin MPd yang dikonfirmasi mengenai hal ini mengatakan pengumuman pembukaan pendaftaran dibuka secara online. Sehingga tidak tertutup kemungkinan ada pejabat dari daerah lain yang ikut mendaftar.

"Pengumuman pendaftaran lelang jabatan Sekda kita buka secara online, jadi semua pejabat yang memenuhi persyaratan semua boleh ikut, termasuk dari luar," ujar Bakharuddin, Sabtu (20/6/2020).

Bakharuddin yang dikonfirmasi tentang jumlah pendaftar yang minim dalam rekrutmen Sekda mengatakan, panitia masih akan melakukan seleksi administrasi.

"Kami lihat dulu bagaimana berkas administrasinya," katanya.

Lebih lanjut Bakharuddin mengatakan, berkas pelamar akan dinyatakan lengkap jika memenuhi seluruh persyaratan administrasi yang diminta. Jika ada salah satu berkas yang tidak bisa dipenuhi peserta maka masih bisa ditolerir.

Dikatakannya, seleksi administrasi ini akan menentukan siapa saja yang berhak mengikuti tahapan selanjutnya yaitu seleksi kompetisi.

"Jika ada berkas peserta yang kurang itu masih bisa kita tolerir, mengingat masih dalam suasana pandemi Corona," kata Bakharuddin lagi.

Bakharuddin juga menjelaskan, para pelamar tidak datang bersamaan dan tidak perlu juga datang menemui panitia seleksi. Dimana pendaftaran cukup dilakukan secara online.

"Pendaftaran dilakukan online, sementara berkasnya softcopy diunggah saja," ungkapnya.

Berdasarkan pengumuman pansel yang diketuai mantan Gubernur Riau, Wan Abu Bakar, setelah pendaftaran ditutup 19 Juni tepatnya pukul 00:00 WIB tahapan selanjutnya adalah seleksi administrasi 20-21 Juni dan pengumuman seleksi administrasi 22 Juni.

Sementara seleksi kompetensi oleh unit penilai kompetensi dilaksanakan pada 29-30 Juni. Penulisan makalah dan presentasi makalah dan wawancara dilaksanakan serta penelusuran rekam jejak dilaksanakan 1 Juli dan pengumuman hasil akhir seleksi diumumkan pada 8 Juli.

Ditambahkan Bakharuddin, setiap perkembangan proses seleksi akan disampaikan melalui website www.bkd.Merantikab. go.id. Para pelamar pun diminta memantau perkembangan seleksi melalui website tersebut. Kelalaian tidak mengikuti perkembangan informasi menjadi tanggung jawab pelamar.***