BAGANSIAPIAPI - Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2021, RSUD Protomo Bagansiapiapi menggelar donor darah, Sabtu (13/11/2021). Warga yang berminat untuk berdonor, dipersilakan mendaftar ke RSUD.

Direktur RSUD Protomo Bagansiapiapi dr Hj Tribuana Tungga Dewi mengatakan, tahun ini merupakan peringatan hari kesehatan dilaksanakan secara sederhana karena masih pandemi Covid-19. Tahun lalu peringatan HKN ditiadakan karena pandemi.

"Alhamdulillah, sempena HKN ke-57 ada beberapa kegiatan yang bisa dilaksanakan di RSUD Protomo ini, sebagai motivasi kepada ASN, honorer dan karyawan kita,'' jelas dr Hj Tribuana Tunggal Dewi.

Kegiatan sudah di mulai sejak tujuh hari lalu. Ada pun kegiatan meliputi promosi dan penyuluhan kesehatan, lomba pengucapan visi, misi dan motto RSUD Protomo, lomba kebersihan ruangan, pemilihan tenaga medis, perawat dan tenaga kesehatan terbaik, donor darah, serta pemberian vaksinasi kepada masyarakat.

''Puncak HKN ke-57 tahun 2021 ini, Sabtu (13/11/2021) dilaksanakan bakti sosial, sunat masal dan donor darah,'' jelasnya.

Menurut Tribuana, untuk donor darah, pihaknya bekerjasama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Cabang Rokan Hilir. ''Jumat (12/11/2021) sore saya sudah berkoordinasi dengan Drs H Surya Arfan MSi, Ketua PMI Cabang Rohil untuk pelaksanaan donor Sabtu (13/11/2021) besok,'' katanya.

"Donor darah ini momen kita untuk dapat menyediakan dan menyimpan stok darah, jika diperlukan dapat membantu orang yang membutuhkanya. Kepada warga yang mau ikut berdonor silahkan mendaftar ke RSUD Protomo karena satu titik darah kita berguna bagi yang membutuhkan,'' jelasnya.

Sementara, Jumat (12/11/2021) RSUD Protomo Bagansiapiapi juga menggelar upacara yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) HM Job Kurniawan MSi.

MH Job Kurniawan MSi dalam sambutannya menyebutkan besar dan pentingnya serta mulianya tugas tenaga kesehatan di masa pandemi covid 19 hingga saat ini.

"Dalam masa sulit, dalam keterbatasan di dalam situasi pandemi, petugas, tenaga medis,seluruh komponen RSUD Protomo tetap bersemangat nemberikan pelayanan terhadap masyarakat. Ini tugas mulia, yang perlu diapresiasi,'' ujar Sekdakab Rohil. ***