JAKARTA - Benarkah tak semua orang bisa mengonsumsi kopi karena berbahaya untuk kesehatan? Sejumlah orang dengan golongan darah O disebut kelompok yang harus membatasi kopi. Orang dengan golongan darah O tidak disarankan minum terlalu banyak kopi karena diyakini bisa memicu pengentalan darah.

Dokter spesialis penyakit dalam subspesialis hematologi onkologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof dr Zubairi Djoerban, SpPD-KHOM, mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan keterkaitan antara golongan darah O dan risiko pengentalan darah saat minum kopi. Ada pun alasan diharuskan mengurangi asupan kopi bisa jadi karena kandungannya yang menyebabkan jantung berdebar-debar.

"Memang ada saran untuk yang memiliki golongan darah O agar mengurangi konsumsi kopi. Tapi alasannya bukan karena risiko pengentalan darah, lebih kepada kemungkinan menjadi 'deg-degan'," kata Prof Zubairi, dikutip dari laman X pribadinya atas izin yang bersangkutan, Minggu (1/10/2023).

Lebih lanjut, Prof Zubairi menambahkan ulasan dalam sebuah jurnal yang terbit di National Library of Medicine. Jurnal ini menemukan bahwa dengan mengonsumsi kopi maka risiko mengalami trombosis vena 30 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh golongan darah.

Selain itu, risiko terjadinya pengentalan darah juga disebut tinggi pada orang dengan golongan darah A dan B, Bunda. Pernyataan ini dibandingkan dengan mereka yang memiliki golongan darah O.

"Sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa orang dengan golongan darah O yang minum kopi akan lebih mudah mengalami pembekuan atau pengentalan darah," ujar Prof Zubairi. ***