PELALAWAN, GORIAU.COM - Jika tak ada aral melintang, 11 Oktober 2013, pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) Langgam Power akan dilounching. Di acara ini, Menkoekuin Hatta Rajasa dan Menteri BUMN Dahlan Iskan akan kompak melakukan peresmian bersama. PLTG tersebut berlokasi di Jalan Akses Road PT RAPP menjelang ponton Langgam.

''Insya Allah, pada 11 Oktober mendatang atau sehari sebelum HUT Kabupaten Pelalawan ke 14 yang jatuh pada tanggal 12 Oktober, PLTG Langgam Power akan diresmikan oleh dua menteri yakni Menkoekuin dan Menteri BUMN. Jadwal tersebut sudah kita dapatkan dari kementerian terkait,'' ujar Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Pelalawan Ir H Tengku Mukhtaruddin MSi, Jumat (20/9/2013).

Dikatakan, PLD Langgam Power memang beberapa kali terkendala peresmiannya tapi itu bukan karena disengaja. Tapi karena kedua menteri tidak mau mewakilkan kepada yang lain dan berharap mereka langsung yang menyaksikan PLTG kebangsaan masyarakat Pelalawan itu diresmikan.

''Alhasil, kitalah yang menunggu jadwal pak menteri hingga dipastikan pada 11 Oktober mendatang,'' ujarnya.

Mantan Kadis Perkebunan Pelalawan ini menambahkan, sebenarnya, meski PLTG itu belum diresmikan, namun sudah sejak lama PLTG Langgam Power yang menjadi program Pelalawan Terang oleh Bupati Pelalawan HM Harris sudah beroperasi dengan baik. PLTG sudah beroperasi dan masyarakat sudah bisa menikmati listrik, meski ada pemadaman itu tak lain karena gangguan kecil.

"Dan insya Allah, semakin hari krisis listrik kita akan teratasi. Jadi peresmian nantinya sebagai simbol keberhasilan kita dalam upaya memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat," tegasnya.

Hingga saat ini lanjut Kadistamben, PLTG Langgam Power yang didukung dengan 5 unit mesin sudah menghasilkan 9,8 MW pada siang hari dan malam hari sampai 12 MW.

"Normalnya kan untuk 5 unit mesin pembangkit itu output dayanya 15 MW, namun sekarang sudah bertambah sampai 12 MW terutama pada malam hari," terangnya.

Ditambahkannya, dan saat ini daya listrik dihasilkan PLTG Langgam Power itu sudah didistribusikan kepada masyarakat melalui PLN Ranting Pangkalan Kerinci ke ribuan masyarakat. Tak hanya rumah masyarakat Kabupaten Pelalawan yang telah diterangkan listrik PLTG Langgam Power ini, tapi juga kabupaten tetangga Siak. (ilm)