PEKANBARU - Untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19), Gubernur Riau, Syamsuar menyarakan, ada baiknya kebiasaan mengundang warga ke rumah untuk berdoa saat akan menyambut puasa diganti dengan sedekah. Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan keramaian sehingga bisa menyebabkan semakin meluasnya penyebaran Corona.

Dikatakan Syamsuar, kebiasaan yang selama ini sudah menjadi tradisi, mau tak mau, diubah dengan kebiasaan baru, dan tentu kalau bisa kebiasaan baru tersebut tetap punya nilai yang sama dengan kebiasaan lama, seperti berdoa bersama di rumah jelang Ramadhan.

''Jadi ada baiknya kebiasaan berdoa bersama di rumah jelang ramadhan itu kita ganti dengan bersedekah kepada orang kurang mampu atau ke panti asuhan,'' sarannya.

Begitu juga ziarah kubur yang bisa menyebabkan orang berkumpul pada satu tempat, sebaiknya diganti dengan berdoa saja. ''Ya kita belajar menyesuaikan diri,'' ujar mantan Bupati Siak dua periode yang diberi gelar Datuk Seri Setia Amanah oleh LAM Riau ini pada laman resmi Pemprov Riau, Minggu (30/3/2020). ***