SELATPANJANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau mencatat sepanjang tahun 2024 (02 Februari hingga 18 Maret 2024) telah terjadi kebakaran sebanyak 12 kejadian.

Adapun 12 kejadian tersebut terdapat sejumlah kecamatan, diantaranya di Kecamatan Tebingtinggi ada 5 kejadian, Kecamatan Rangsang Pesisir 4 kejadian, Kecamatan Rangsang 2 kejadian dan Kecamatan Pulau Merbau, ada 1 kejadian. Dimana total luas areal yang terbakar mencapai 14,92 hektare.

Demikian diungkapkan Kalaksa BPBD Kepulauan Meranti, Muhlisin, S.Kom kepada GoRiau.com, Kamis (21/3/2024). Tim gabungan di lapangan hingga saat ini masih terus melakukan pendinginan terhadap lahan yang terbakar.

"Walaupun api telah berhasil dipadamkan, tindakan pendinginan terus dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya kebakaran ulang," ungkapnya.

Sehingga, lanjutnya, tim BPBD beserta personel gabungan TNI dan Polri dan juga MPA bekerja keras di lapangan untuk memastikan bahwa situasi di lapangan tetap terkendali.

"Saat ini cuaca memasuki musim panas. Tim pemadam harus tetap memantau lahan pasca terbakar. Petugas pun masih terus melakukan pendinginan terhadap lahan yang terbakar," pungkasnya. ***