PEKANBARU - Vihara Satya Dharma (Ling Thian Miao) yang terletak di Jalan Tanjung Katong, Palas, Rumbai, Pekanbaru merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3, bersamaan dengan hari kelahiran Dewa Kwan Tee Kong, Kamis, (25/7/2019). Perayaan Vihara terbesar di Kota Pekanbaru ini diisi dengan berbagai acara menarik, sampai tanggal 28 Juli 2019 mendatang.

Lo Cu Vihara Satya Darma Armanto mengatakan, tidak jauh berbeda seperti perayaan tahun-tahun sebelumnya, tim panitia acara juga menyelenggarakan Streetfood Festival yang diikuti sekitar 100an stand dengan aneka kuliner. Selain menjadi daya tarik wisata kuliner, festival ini juga memberi kesempatan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Pekanbaru untuk mengenalkan produk-produknya.

"Kegiatannya tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, hanya saja hari ini kita merangkul lebih banyak UKM, jadi ada sekitar 100 lebih stand kuliner yang ikut Streetfood Festival. Dengan hal ini kita harap juga dapat menjadi daya tarik agar masyarakat lebih banyak datang, dan UKM bisa mempromosikan produknya, karena pengunjung yang datang juga banyak dari luar daerah," terangnya.

Selain itu, ada juga berbagai kegiatan olah raga dan seni seperti Turnamen Badminton Kwan Tee Kong Bio Cup Ke-3, Turnamen Catur Tiongkok, lomba coffe latte art, lomba modern dance, lomba menyanyi dan lomba mewarnai bagi anak-anak juga diselenggarakan.

"Kemudian, kita juga mendatangkan artis-artis lokal maupun luar negeri," jelasnya.

Dengan berbagai kegiatan menarik tersebut, masyarakat yang berkunjung ke Vihara Satya Dharma juga disuguhi dengan pemandangan vihara yang artistik, sehingga sangat sayang untuk dilewatkan.

Sementara itu, Pengawas Agama Budha Kemenag Pekanbaru Wiryanto yang hadir mewakili Pembimas Budha Kemenag Provinsi Riau Tarjoko, mengatakan perayaaan HUT Vihara Satya Dharma ini diharapkan dapat menjalin hubungan baik antara masyarakat beragama.

"Inikan ada banyak stand-stand bazar dari berbagai UKM, juga banyak pengunjung dari berbagai daerah, baik umat Kwan Tee Kong Bio sendiri, maupun masyarakat dari agama lain. Diharapkan dengan perayaan ini, dapat menjalin hubungan baik antara umat beragama, khususnya di Pekanbaru," ucapnya.***