SELATPANJANG - Pasca terpilih jadi Ketua DPD KNPI Kepulauan Meranti periode 2016 - 2019, Hanafi langsung melakukan pembenahan. Selain akan membenah masing-masing Pengurus Kecamatan (PK), Hanafi juga akan membawa pemuda di KNPI untuk berwirausaha, terutama pada bidang pertanian.

Hal itu disampaikan langsung oleh Hanafi, ketika ditemui di Selatpanjang, Senin (23/5/2016) malam. Kata Hanafi, selama ini PK terkesan tidak jalan. Ia mengaku itu bukan kesalahan dari PK semata, namun memang selama ini koordinasi antara DPD dengan PK itu yang belum maksimal. "Yang jelas, pasca terpilih saya akan membenahi semua PK. Yang tidak bisa maksimal di KNPI kita gantikan," ujar Hanafi.

Selain itu, ditambahkan laki-laki bertubuh gempal ini lagi, di dalam kepengurusan KNPI nantinya, baik tingkat kecamatan maupun kabupaten, memang akan menempatkan orang-orang yang lepas dari kegiatan lain. Sehingga, waktu yang dimilikinya akan lebih banyak dan lebih fokus ke KNPI. "Kita tidak ingin pengurus itu hanya setor nama, setelah dilantik langsung selesai. Kita ingin mereka semua belajar (berorganisasi, red) di KNPI," tambah Hanafi lagi.

Sementara untuk program kerja, kata Hanafi, mereka akan memberdayakan pemuda di KNPI untuk lebih bisa berwirausaha. Di situasi ekonomi gonjang ganjing seperti ini, kata Hanafi lagi, sektor pertanian itu sangat menjanjikan. Ditambah, Kepulauan Meranti sangat banyak memiliki lahan tidur yang bisa diolah di setiap daerah.

"Kalau untuk program kerja, kami cenderung ke pertanian. Dalam waktu dekat kami akan silaturrahmi dengan bupati, kadis pertanian, serta pihak terkait untuk membicarakan ini. Kami betul-betul ingin memacu minat kawan-kawan untuk berwirausaha," tutur Hanafi lagi. ***