PEKANBARU, GORIAU.COM - Calon Gubernur Riau periode 2013-2018 Lukman Edy menyinggung beberapa program yang sering disampaikan pasangan Cagubri lain. Menurut Lukman Edy, program-program yang disampaikan calon tersebut merupakan program melekat yang sudah ada anggaran baik di provinsi maupun pusat.

Sebagaimana disampaikan Lukman Edy ketika menghadiri acara silaturrahim dan buka bersama Forum Masyarakat Kepulauan Riau Pekanbaru, Sabtu (27/7/2013) malam.

''Kalau untuk pembangunan jalan, infrastruktur, pembenahan pasar, itu program melekat tiap tahunnya. Anggarannya sudah ada tinggal dibangun,'' kata Lukman Edy di hadapan ratusan Keluarga Kepri yang berada di Pekanbaru.

Selain itu, disampaikan pula, terkait janji untuk membebaskan biaya pendidikan 12 tahun, menurutnya tidak maksimal. Lukman Edy menilai, program serupa sudah dilakukan Jambi dan Palembang yang notabene APBD nya lebih kecil dari Riau.

''Kalau bebas biaya pendidikan hanya 12 tahun, Jambi dan Palembang juga berani. Masa kita kalah sama Jambi dan Palembang, padahal APBD kita lebih besar,'' ungkapnya lagi.

Sementara itu, program unggulan Lurus ini adalah memekarkan Kaupaten Kota di Provinsi Riau menjadi 20 Kabupaten Kota. Program ini jarang dimiliki oleh calon yang merupakan kepala daerah, karena bisa mengurangi daerah kekuasaannya.

''Riau sudah ada 12 kabupaten kota, tinggal menambah 8 kabupaten saja lagi. Itu akan tuntas dalam 1 priode, tahun pertama kita mekarkan 5 Kabupaten, yang 3 kabupaten lagi bisa nyusul untuk tahun kedua atau ketiga. Kita muda, harus siap dan harus bisa untuk memekarkan itu,'' kata Lukman Edy lagi. (nti)