TENGGARONG - Mitra Kukar FC harus menelan kekalahan di laga pekan ke-24 GO-JEK Liga 1 2018. Bermain di kandang sendiri di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Minggu, 7 Oktober 2018, Mitra Kukar Kalah telak 1-4 dari PSM Makassar.

PSM unggul lewat gol cepat Guy Junior saat laga baru berjalan dua menit. Kemelut di depan gawang tuan rumah yang dikawal Yoo Jae Hoon diakhiri dengan tendangan keras kaki kanan pemain naturalisasi itu.

Mitra Kukar menyamakan kedudukan 1-1 lewat gol bunuh diri bek PSM,Fauzan Jamal di menit ke-31. Berawal dari akselerasi Hendra Bayaw di sisi kanan pertahanan PSM, bola yang ditujukan pada striker Fernando Rodriguez slah diantisipasi oleh Fauzan Jamal dan bola justru masuk ke gawang sendiri.

Hanya berselang dua menit kemudian, PSM mampu kembali unggul. Reva Adi Utama mencetak gol manis dengan mencungkil bola untuk kemudian memaksa Yoo Jae Hoon kembali memungut bola dari gawangnya.

Menit ke-36, PSM mengubah skor menjadi 1-3. Aksi gelandang Wiljan Pluim di kotak penalti dituntaskan oleh Guy Junior untuk gol keduanya di laga ini. Di babak kedua alih-alih mengejar ketinggalan, Mitra Kukar justru kembali kebobolan lewat gol Ferdinand Sinaga di masa injury time.

Kekalahan dengan skor 1-4 menjadi hasil akhir yang harus diterima oleh Mitra Kukar. Hasil ini membuat Mitra Kukar masih tertahan di peringkat ke-14 dengan 29 poin. “Hari ini kita mengawali laga dengan suatu kesalahan dalam menit-menit awal yang membuat shock,” jelas pelatih Mitra Kukar, Rahmad Darmawan usai laga.

Menurut Rahmad Darmawan, raihan yang negatif yang didapatkan karena para pemainnya bermain tidak baik. Berulang kali anak asuhannya melakukan kesalahan dalam mengoper bola.

Maka dari itu, Rahmad menjelaskan wajar bila timnya menderita kekalahan tersebut. Ia, menyebut PSM bermain baik dengan tidak membiarkan Mitra Kukar, mengembangkan permainan.

"Hari ini memulai permainan dengan kesalahan di menit-menit awal, sehingga membuat sedikit kaget. Namun, ketika kita mampu membalas satu gol, saya pikir kita punya harapan," kata Rahmad usai laga.

"Tapi, kemudian kita melakukan kesalahan-kesalahan yang sebenarnya kita koreksi di dalam perjalanan kita, karena masih sering terjadi kesalahan individual saat membagi bola untuk membangun serangan. Hal ini yang dimanfaatkan lawan dengan sangat baik," tambah pria yang karib disapa RD itu.

RD melanjutkan akan melakukan evaluasi total setelah pertandingan tersebut. Upaya ini dilakukan supaya Mitra Kukar dapat kembali meraih kemenangan pada laga berikutnya. "Ini tanggung jawab saya, dan saya akan memperbaiki semua kesalahan yang terjadi di tim ini, agar ke depannya bisa lebih baik lagi," ucapnya. ***